Arus Balik Lebaran

Kapolri Cek Kesiapan Arus Balik Pelabuhan Bakauheni, Prediksi Malam ini Penumpang Bertambah 41 Ribu 

Dan malam ini, pemudik yang akan melakukan penyeberangan menuju Pelabuhan Merak tersebut mencapai 41 ribu orang.

Warta Kota/Gilbert Sem Sandro
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabiwo Cek Kesiapan Puncak Arus Balik Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (7/5/2022). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Gilbert Sem Sandro

WARTAKOTALIVE.COM, MERAK - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung persiapan Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menjelang puncak arus mudik Lebaran 2022.

Sigit mengatakan, grafik arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni mengalami peningkatan kapasitas penumpang dalam tiga hari terakhir.

"Melihat grafik pemudik yang berangkat dari Pelabuhan Bakauheni ini terus meningkat dalam tiga hari terakhir ya, mulai dari 15.000 penumpang, kemudian naik 16.000 dan naik lagi 31.000 orang," ujar Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kepada awak media, Sabtu (7/5/2022).

Baca juga: Kemenparekraf Pantau Arus Balik Lebaran dan Bagikan Healthy Kit di Pelabuhan Merak

Baca juga: Dinkes Kota Tangsel Pastikan Tak Ada Kasus Hepatitis Akut pada Anak Usia Dini 

Baca juga: Besok Hari Terakhir Libur Lebaran, Jadwal One Way di Jalur Puncak Bogor Berubah

Sigit memperkirakan, peningkatan pemudik yang hendak kembali ke Pulau Jawa akan terus bertambah hingga puncak arus mudik Lebaran 2022 berlangsung.

Dan malam ini, pemudik yang akan melakukan penyeberangan menuju Pelabuhan Merak tersebut mencapai 41 ribu orang.

"Kemungkinan malam hari ini, jumlah pemudik yang akan kembali pulang bisa naik sampai ke angka 41 ribu orang," kata dia.

"Karena memang prediksi puncak arus balik mudik Lebaran 2022 dalam perjalanan dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa pada malam hari ini," sambungnya.

Guna mengantisipasi kepadatan penumpang, pihaknya telah mempersiapkan skema yang akan diterapkan, dalam menghadapi puncak arus balik. 

Baca juga: Puncak Arus Balik Lebaran, Pemudik Bermotor Padati SPBU di Jalan Pusaka Jaya Subang

Baca juga: Lagi Ambulans Terobos One Way di Puncak, Supir Ngaku Bawa Keluarga Silaturahmi Lebaran

Baca juga: Truk Pengangkut Lele Terguling di Tol Tangerang-Merak, Tidak Ada Korban Jiwa

Seperti dari mengatur titik rest area sebagai tempat menampung pemudik, kemudian penambahan dermaga di wilayah Banten, yakni Dermaga Ciwindan dan Bandar Bakau Jaya.

"Saya kira dengan rekayasa yang baik ini, supaya kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Merak saat arus mudik kemarin bisa dihindari di Pelabuhan Bakauheni," tuturnya.

"Para petugas juga sudah siapkan skema tiga pola untuk mengantisipasi apabila terjadi kepadatan penumpang, antara lain situasi hijau, kuning dan merah. Dan Alhamdulillah dalam beberapa hari ini baru masuk situasi hijau," ungkapnya.

Sigit pun mengimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan relaksasi yang diberikan sejumlah instansi atau lembaga dalam beberapa hari ke depan.

Hal tersebut dilakukan, untuk menghindari kepadatan pemudik yang disebabkan oleh masyarakat yang ingin segera kembali setelah menjalani aktivitas mudik.

"Relaksasi tersebut harus dimanfaatkan dan diatur saat balik sehingga kepadatan di arus balik bisa dihindari dan bisa diurai," ucapnya.

"Dan yang utama adalah masyarakat bisa kembali dengan nyaman dan selamat, hingga ke rumah masing-masing. Kami pemerintah dan stakeholder terkait akan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," Sigit. (m28)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved