Mudik Lebaran

Tembus 1.601.515 Orang, Penumpang Angkutan Penyeberangan Mendominasi Arus Mudik Lebaran 2022

Pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima Pelabuhan Penyeberangan terpadat, yakni Merak, Gilimanuk, Bakauheni, Ketapang, dan Kayangan.

Editor: Yaspen Martinus
Warta Kota/ Yolanda Putri Dewanti
Pemudik kendaraan roda dua mendominasi pemudik di Pelabuhan Merak Banten, Sabtu (30/4/2022) dini hari. Jumlah penumpang angkutan penyeberangan mendominasi arus  mudik Lebaran tahun ini. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Jumlah penumpang angkutan penyeberangan mendominasi arus  mudik Lebaran tahun ini.

Hal itu berdasarkan data sementara yang dihimpun dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022 (1433 H) Kementerian Perhubungan, per Senin (2/5/2022).

Jumlah pergerakan penumpang di masing-masing moda transportasi yang dipantau mulai Senin (25/4/2022) atau H-7 hingga Minggu (1/5/2022) atau H-1 adalah:

Baca juga: Selain Tempat Wisata, Polisi Juga Bakal Amankan TPU di Masa Libur Lebaran

- Pergerakan penumpang angkutan penyeberangan masih yang tertinggi, yaitu sebanyak 1.601.515 penumpang.

Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima Pelabuhan Penyeberangan terpadat, yakni Merak, Gilimanuk, Bakauheni, Ketapang, dan Kayangan, Lombok Timur.

- Angkutan udara sebanyak 1.335.024 penumpang.

Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima bandara, yakni Soekarno-Hatta, Sultan Hasanuddin (Makassar), Juanda (Surabaya), Ngurah Rai (Bali), dan Sepinggan (Balikpapan).

- Angkutan jalan (bus) sebanyak 989.384 penumpang.

Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima terminal, yakni Kertonegoro Ngawi, Ir Soekarno (Klaten), Purboyo (Surabaya), Giwangan (Yogyakarta), dan Tirtonadi (Solo).

- Angkutan kereta api sebanyak 744.983 penumpang.

Dengan pergerakan penumpang terpadat di lima daerah operasi (Daop) yakni: Daop I Jakarta, Daop VIII Surabaya, Daop VI Yogyakarta, Daop II Bandung, dan Daop IV Semarang.

- Angkutan laut sebanyak 517.873 penumpang.

Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima pelabuhan, yakni Gilimanuk, Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Balikpapan. (*)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved