Hari Raya Idulfitri

Jadi Khotib Salat Idul Fitri 1443 Hijriah, Mohammad Idris Sampaikan Pentingnya Ketakwaan

Bertakwa dalam artian soleh adalah mereka yang melakukan komunikasi secara vertikal dengan Allah dan Horizontal dengan sesama

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota/Vini Rizki Amalia
Wali Kota Depok Mohammad Idris saat menjadi khotib solat Idul Fitri di Masjid Agung Balai Kota, Pancoran Mas, Kota Depok, Senin (2/5/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, PANCORAN MAS - Menjadi khotib pada Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Masjid Agung Balai Kota Depok, Wali Kota Depok Mohammad Idris menyampaikan pesan efektivitas amal ibadah selama bulan Ramadan.

"Hal tersebut dijelaskan Allah SWT dalam firmannya 'La'allakum tattaqum' agar kita, kalian dan semuanya menjadi hamba Allah SWT yang selalu bertakwa kepadanya," paparnya, Senin (2/5/2022).

Takwa dalam artian sebenarnya, lanjut Idris yakni takut kepada Allah Subhana Wa Ta'ala, taat dalam kehidupan personal maupun sosial, sebab, islam tidak pernah membedakan antara keduanya.

Baca juga: Imbau Pemudik Pulang Lebih Awal, Jokowi: Jangan Semua Balik di Hari Sabtu dan Minggu, Pasti Macet

Baca juga: Banyak Warga Belum Tahu Taman Margasatwa Ragunan Baru Kembali Dibuka H+2 Lebaran

"Bertakwa dalam artian soleh adalah mereka yang melakukan komunikasi secara vertikal dengan Allah dan Horizontal dengan sesama," paparnya.

Mohammad Idris menambahkan, dengan segala dimensi kehidupan kemasyarakatan juga segala amal-amal baik, ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadan harus merefleksikan dalam seluruh aspek kehidupan manusia. 

Di antaranya sosial kemasyarakatan, perekonomian, perdagangan dan kehidupan politik yang selama ini dirasakan kesenjangan komunikasi intra personal dan antar personal.

Baca juga: 1.344 Warga Binaan Lapas Bekasi Dapat Remisi Lebaran, 15 Napi Langsung Bebas

"Untuk itu kita harus menyadari bahwa Allah SWT menjelaskan 'la'allakum tattaqum' merupakan output dan harus diwujudkan dalam sebuah bukti nyata bahwa kita adalah hamba Allah yang taat, baik merupakan refleksi dari kehidupan ibadah-ibadah solat kita, tarawih kita, kehidupan zakat kita, puasa kita dan ibadah yg lainnya merefleksi seluruh kehidupan kita," ujarnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved