Lebaran

Hilal Sudah Terlihat, Menteri Agama Umumkan 1 Syawal 1443 H atau Lebaran Jatuh pada Senin (2/5/2022)

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1443 H jatuh pada besok, Senin (2/5/2022).

Penulis: Sigit Nugroho | Editor: Sigit Nugroho
YouTube@Kemenag RI
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin sidang isbat di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Nomor 6, Jakarta Pusat, Minggu (1/5/2022). Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin 2 Mei 2022. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1443 H jatuh pada besok, Senin (2/5/2022).

Keputusan Kemenag tersebut dibacakan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Yaqut mengatakan bahwa keputusan 1 Syawal 1443 itu berdasarkan hasil dari metode hisab (perhitungan) dan ruqyat (dengan cara melihat langsung keberadaan hilal).

Dua metode itu tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya untuk menentukan 1 Syawal.

Baca juga: BREAKING NEWS: Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah Jatuh pada Senin 2 Mei 2022

Baca juga: VIDEO H-1 Lebaran, Terminal Kampung Rambutan Lengang dari Pemudik

Baca juga: LIVE STREAMING Sidang Isbat 1 Syawal 1443 Hijriah, Hilal Sudah di Atas Ufuk

"Untuk kita pahami bersama bahwa dua metode ini, baik metode hisab dan ruqyat bukan metode yang diperhadapkan atau dipertentangkan. Keduanya ini adalah metode yang saling melengkapi satu dengan yang lain, karena keduanya sangat penting," kata Yaqut saat konferensi pers, Minggu (1/5/2022).

"Oleh karena itu, seorang peruqyat tentu harus menguasai hisab, karena tanpa hisab tidak bisa meruqyat dengan baik. Begitu juga dengan hisab sebagai sebuah hal yang sifatnya informatif tentang posisi ketinggian hilal lalu diruqyat," terang Yaqut.

"Pemerintah sejak dulu melalui Kemenag selalu menggunakan kedua metode ini. Ini menunjukkan betapa pentingnya kedua metode ini untuk melengkapi satu dengan yang lain," ujar Yaqut.

BERITA VIDEO: LIVE : Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idufitri 1 Syawal 1443 H Menurut Kemenag

"Informasi hitungan hisab telah dikonfirmasikan dengan laporan sejumlah petugas Kemenag di sejumlah daerah yang kita sebar di 99 titik ruqyat di 34 provinsi seluruh Tanah Air Indonesia," ucap Yaqut.

"Dari 99 titik ruqyat, ada yang melaporkan melihat hilal sebagaimana yang dilaporkan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag. Oleh karena itu, dengan dua hal hal tersebut berdasarkan hisab di seluruh Indonesia serta laporan hilal yang terlihat secara tadi, sidang isbat menetapkan bahwa 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin (2/5/2022)," papar Yaqut.

"Inilah hasil sidang isbat yang telah kami lakansakan dan telah disepakati bersama. Tentu, kita berharap mudah-mudahan dengan hasil sidang isbat ini, seluruh umat Islam di Indonesia dapat merasakan Idul Fitri secara bersama-sama," jelas Yaqut.

"Semoga, ini jadi cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia dan menjadi wujud kebersamaan kita sebagai anak bangsa untuk menatap masa depan secara bersama-sama," imbuh Yaqut.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved