Berita Video

VIDEO Ratusan Pemudik Sumatera Tercecer di Terminal Bekasi, Mas Tri Dorong PO Bus Kerahkan Cadangan

Tri menjelaskan keterlambatan jadwal kedatangan disebabkan karena lalu lintas dari arah Pelabuhan Merak, Banten, menuju Kota Bekasi, mengalami kemacet

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM, Bekasi Timur -- Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyambangi Terminal Induk Bekasi untuk melihat ratusan penumpang yang tercecer menunggu kedatangan bus antar kota antar provinsi (AKAP) jurusan Sumatera yang mengalami keterlambatan.


Tri menjelaskan keterlambatan jadwal kedatangan disebabkan karena lalu lintas dari arah Pelabuhan Merak, Banten, menuju Kota Bekasi, mengalami kemacetan.


"Keterlambatan ini kan bukan dikarenakan kesengajaan teman-teman pengurus PO. Tapi memang karena situasi dan kondisi yang terus dinamis. Ini karena kondisi lalu lintas yang macet," kata Tri di lokasi, Sabtu (30/4/2022).

 


Terdapat faktor lain yang menyebabkan bus terlambat datang di Terminal Bekasi. Seperti misalnya penumpang asal Sumatera yang telat saat dijemput saat perjalanan balik ke Kota Bekasi, sehingga PO Bus diharuskan menunggu lebih lama.


Oleh sebab itu, Tri mengimbau agar pengurus PO Bus segera berkoordinasi untuk mengerahkan armada cadangan sehingga pemudik yang telah menunggu sejak pagi tadi, bisa langsung diberangkatkan.


"Itu tadi strateginya pengurus harus menambah bus dari depo, dari enam bus cadangan, sudah berangkat dua bus. Sehingga untuk keberangkatan besok, bisa tepat waktu. Karena ketika bus yang belum datang masuk ke terminal, bisa langsung stay di sini," tutur pria yang akrab disapa Mas Tri itu.


Mengerahkan bus cadangan dinilainya penting lantaran perjalanan dari Kota Bekasi menuju kota-kota besar di Sumatera, membutuhkan waktu 12-24 jam sehingga diperlukan persiapan yang matang.


"Tapi kalau kendaraan jarak jauh, pertama kita juga harus melihat persiapan si pengemudinya. Karena situasi kontur jalannya berbeda. Dan harus dicari pengemudi yang sudah sering berangkat ke Sumatera," ucap Tri.


Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Hengki yang turut hadir di lokasi, mengingatkan pemudik untuk tetap berhati-hati saat menunggu kedatangan bus guna mengantisipasi tindak kriminalitas di terminal.


"Bagi yang masih menunggu bus, perhatikan barang-barang bawaan. Kemudian jangan mudah menerima makanan dari orang lain, meski masih puasa, untuk menghindari makanan yang dimasukan ke dalamnya yang bisa membuat pusing dan lain-lain, sehingga nanti barangnya bisa diambil," ungkap Hengki. (Abs)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved