Lebaran

Polisi Atasi Parkir Liar dan PKL di SGC yang Sebabkan Macet Arus Mudik, Satpol PP dan Dishub Kemana?

Sebab saat itu banyak pemudik baik dengan roda dua atau roda empat yang melintas di sana.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Budi Sam Law Malau
Warta Kota/ Rangga Baskoro
Pantauan lalu lintas di SGC (kiri atas) saat arus mudik, Jumat (29/4/2022). PKL dan parkir liar menjadi penyumbang dan penyebab kemacetan 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI -- Permasalahan parkir liar dan pedagang kaki lima (PKL) masih marak di seputar Sentra Grosir Cikarang (SGC) di Jalan RE Martadinata, Bekasi, di musim mudik Lebaran 2022 kali ini.

Meski begitu, kepolisian memberikan sosialisasi kepada para PKL dan petugas parkir agar tak menganggu kelancaran lalu lintas di SGC saat musim mudik Lebaran ini terutama di malam hari.

Sebab saat itu banyak pemudik baik dengan roda dua atau roda empat yang melintas di sana.

"Kami sudah berkoordinasi dengan para pedagang agar bergeser dulu sehingga tak menghambat lalu lintas di SGC, apalagi saat ini musim mudik, biasanya malam hari terjadi kenaikan intensitas kendaraan," tutur Kapolsek Cikarang Utara, Kompol Mustakim saat menjelaskan laporan kepada Kapolres Metro Bekasi Kombes Gidion Arif Setyawan di rapat koordinasi via daring, Jumat (29/4/2022).

Menurutnya kerap terjadi kemacetan di titik persimpangan SGC.

Selain dikarenakan intensitas kendaraan meningkat, PKL dan parkir liar juga menjadi penyebab kemacetan.

Baca juga: Anies Klaim Jumlah Pemudik Tahun Ini Lebih Rendah Dibanding Sebelum Pandemi Covid-19

Mustakim mengatakan pihaknya praktis bekerja sendiri tanpa bantuan Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi untuk mengatasi parkir liar dan PKL di SGC.

"Mohon maaf Pak Kapolres, terkadang kami kerja sendirian saat di lapangan untuk geser-geser PKL," ungkapnya.

Baca juga: 117 Aparat Kepolisian Amankan Salat Idul Fitri di JIS

Menanggapi hal tersebut, Kapolres menjelaskan bahwa penyebab kemacetan di SGC tak terlepas dari adanya parkir liar dan PKL yang memakan bibir jalan.

"Salah satunya penyebab kemacetan adalah masyarakat yang menggunakan jalan sebagai tempat parkir. Maka itu juga jadi objek yang dilakukan oleh tim pengurai massa. Kalau di lantas ada tim pengurai kemacetan, itu yang dilakukan menggunakan sepeda motor," kata Gideon.

Baca juga: Kopi Seduh Bawa Berkah Bagi Pria 18 Cucu Ini, Salat Malam Jadi Kunci Rahasianya

Baca juga: H-3 Lebaran, Volume Kendaraan Melintas di Jalur Mudik Kota Bekasi ke Pantura Meningkat 100 Persen

Gideon mengatakan akan melakukan evaluasi dan berkoordinasi dengan Dishub dan Satpol PP Kabupaten Bekasi sehingga tak terjadi hambatan saat musim mudik Lebaran 2022.

"Kita melakukan koordinasi, karena ini merupakan pekerjaan yang cukup panjang. Maka wajar kalau ada spot-spot yang abai dalam satu atau dua spot. Itu wajar dan kita akan lakukan evaluasi," ungkapnya. (abs)

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved