Mudik Lebaran 2022

Puncak Arus Mudik Garuda Indonesia dan Citilink Diperkirakan Bakal Terjadi pada Hari Ini dan Besok

Puncak pergerakan penumpang penerbangan Garuda Indonesia Group selama arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah terjadi pada hari ini hingga Sabtu.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Sigit Nugroho
TribunTangerang.com/Gilbert Sam Sandro
Antrean panjang penumpang Garuda Indonesia dan Citilink di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Puncak pergerakan penumpang penerbangan Garuda Indonesia Group selama arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah terjadi pada hari ini hingga Sabtu (30/4/2022).

Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan bahwa pergerakan penumpang dari dua maskapai Garuda Indonesia Group, yakni Garuda Indonesia dan Citilink terjadi pada H-4 dan H-3 Lebaran 2022 dengan jumlah 95.492 penumpang.

"Dari pengamatan yang kami lakukan penumpang keberangkatan pesawat Garuda dan Citilink itu diperkirakan puncaknya besok," kata Irfan saat diwawancarai awak media di Terminal 3 keberangkatan domestik Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (28/4/2022).

"Tetapi, karena kita memiliki sedikit keterbatasan dari sisi jumlah pesawat, jadi lonjakan penumpang itu pada hari ini," ujar Irfan.

Baca juga: Maskapai Garuda dan Citilink Angkut 95.000 Penumpang Saat Puncak Peak Season Lebaran Tahun 2022

Baca juga: Pada H-5 Lebaran 2022, Pergerakan Penumpang Bandara Soetta Nyaris Tembus di Angka 120.000 Orang

Baca juga: Jumlah Penumpang di Bandara Soetta Meningkat, Masyarakat Mudik Lebih Awal karena Tiket Masih Murah

"Jadi, hari ini dan besok total pergerakan penumpang untuk Garuda Indonesia Group itu sebanyak 95.492 orang dan diperkirakan masih ada tambahan (penumpang) di saat-saat terakhir," tutur Irfan.

Irfan pun memaparkan, total penerbangan pesawat Garuda Indonesia Group mencapai 333 penerbangan pada puncak arus mudik yang terjadi tersebut.

Dari jumlah 333 penerbangan tersebut, 227 penerbangan di antaranya berasal dari maskapai Citilink, sementara pergerakan pesawat Garuda Indonesia sebanyan 106 penerbangan.

"Untuk pergerakan penumpang maskapai Garuda Indonesia sendiri pada puncak arus mudik ini lebih baik dibandingkan berapa bulan terakhir ini selama Pandemi Covid-19, dengan total 47.132 penumpang," papar Irfan.

"Tapi mayoritas pergerakan penerbangan dan penumpang itu masih di maskapai Citilink ya, dengan tujuan penerbangan domestiknya itu menuju Denpasar, Bali," terangnya.

BERITA VIDEO: Sopir bus berlomba lomba pencet klakson saat mengantarkan pemudik gratis

Irfan pun memastikan, pihak Garuda Indonesia Group akan siap melayani lonjakan penumpang mulai arus mudik hingga arus balik lebaran tahun ini.

Ia memperkirakan, untuk puncak arus balik masyarakat yang melakukan mudik tersebut terjadi pada Selasa (7/5/2022) hingga Rabu (8/5/2022).

Menurutnya, kebijakan pemerintah yang telah mengizinkan masyarakat untuk melakukan aktivitas mudik Idul Fitri pertama selama Pandemi Covid-19, berdampak baik pada aktivitas moda transportasi udara itu.

"Tentu, kami akan mempersiapkan terus pelayanan kepada penumpang sepanjang masa mudik pertama di lebaran tahun ini," ucapnya.

"Tidak terkecuali dengan puncak arus balik yaitu pada tanggal 7 Mei atau 8 Mei, pelayanan terbaik akan terus kita berikan kepada penumpang," jelas Irfan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved