Hari Buruh

Peringatan May Day 2022, Buruh Bakal Usulkan Marsinah Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Menurut Presiden Partai Buruh Said Iqbal, banyak pahlawan yang berasal dari berbagai profesi, tetapi belum ada pahlawan dari kalangan buruh.

Editor: Yaspen Martinus
Sabda Perubahan
Buruh mengusulkan pemerintah mengangkat Marsinah sebagai pahlawan nasional, atas dedikasinya memperjuangkan hak buruh. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA – Buruh mengusulkan pemerintah mengangkat Marsinah sebagai pahlawan nasional, atas dedikasinya memperjuangkan hak buruh.

Menurut Presiden Partai Buruh Said Iqbal, banyak pahlawan yang berasal dari berbagai profesi, tetapi belum ada pahlawan dari kalangan buruh.

Usul ini juga akan disampaikan buruh saat melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) pada 1 Mei 2022, yang rencananya digelar di depan Kantor KPU dan Bundaran HI.

Baca juga: Mengaku Dipaksa Tanggung Jawab, Bupati Bogor Ade Yasin: Ini Namanya IMB, Inisiatif Membawa Bencana

“Soekarno pernah mengatakan, ‘soko guru negara’ salah satunya adalah buruh tani dan guru."

"Belum ada satu pun dari pahlawan dari kalangan buruh, maka pada May Day ini kami mengusulkan kepada pemerintah memberikan gelar pahlawan nasional pada Marsinah,” kata Said Iqbal.

Marsinah adalah aktivis dan buruh pabrik pada masa Orde Baru.

Baca juga: Ketua Umum PB IDI: Organisasi Kedokteran Lebih dari Satu akan Membingungkan Dokter Maupun Masyarakat

Marsinah bekerja pada PT Catur Putra Surya (CPS) Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, yang diculik dan kemudian ditemukan terbunuh pada 8 Mei 1993, setelah menghilang selama tiga hari.

Selain melakukan protes, para buruh juga akan menggelar May Day Viesta 1 Mei 2022 di Gedung Film Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan.

Said Iqbal mengatakan, Partai Buruh akan memberikan penganugerahan pahlawan buruh nasional kepada Marsinah dan beberapa orang lainnya pada acara itu.

Baca juga: Ida Fauziyah Terbitkan Permenaker 4/2022, Cairkan JHT Cukup Pakai Kartu BPJS Ketenagakerjaan dan KTP

“Partai Buruh dan semua elemen gerakan buruh, akan menganugerahkan gelar pahlawan buruh nasional kepada Marsinah, di samping beberapa nama lain seperti almarhum Muchtar Pakpahan, almarhum Yakob Nuwa Wea, dan almarhum Thamrin,” beber Said.

Said Iqbal mengatakan, kakak kandung Marsinah dari Jawa Timur, Marsini, bakal hadir menerima penganugerahan pahlawan buruh nasional, dan akan memberikan testimoni perjuangan nasional.

Harapannya, setelah ini pemerintah akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada Marsinah.

Baca juga: ATURAN Lengkap Pembayaran Jaminan Hari Tua, Korban PHK Bisa Cairkan Sekaligus Setelah Tunggu Sebulan

“Partai Buruh dan serikat pekerja/buruh akan membentuk panitia untuk mengusulkan Marsinah sebagai pahlawan nasional kepada pemerintah,” ujarnya

Juga akan dilakukan pemutaran film perjuangan kelas pekerja dan orasi dari semua serikat buruh di Indonesia.

“Kami juga mengundang para atase perburuhan kedutaan besar sahabat, baik dari AS, Inggris, Jepang, Korsel, Brazil dan lainnya, serta pejabat pemerintah, baik dari Kemnaker, BPJS, Polri dan sebagainya,” papar Said Iqbal. (Larasati Dyah Utami)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved