Breaking News:

Berita Internasional

PIL Kontrasepsi untuk Pria Siap Dijual Bebas, Hasil Uji Coba 90 Persen Bisa Cegah Kehamilan

Ditemukan pil kontrasepsi untuk pria yang efektif mencegah kehamilan hingga 90 persen berdasarkan hasil uji coba.

Penulis: Suprapto | Editor: Suprapto
dailymail.co.uk
Ditemukan pil kontrasepsi untuk pria yang efektif mencegah kehamilan hingga 90 persen berdasarkan hasil uji coba. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Sebuah pil kontrasepsi pria dapat diuji pada manusia hanya dalam dua bulan, kata para ilmuwan.

Pil kontrasepsi tersebut telah menunjukkan harapan dalam uji coba pada tikus.

Para peneliti di University of Minnesota, Amerika Serikat, yang menemukan obat itu, mengatakan obat tersebut bisa memasuki uji klinis pada awal Juli 2022 ini.

Pil non-hormonal, yang secara medis diberi nama YCT529, memblokir 99 persen kehamilan pada tikus selama tes - membuatnya setara dengan obat pengendalian kelahiran wanita.

Pil kontrasepsi juga tidak memicu efek samping yang terlihat, seperti penambahan berat badan, dan tikus jantan dapat menjadi ayah dari anak anjing empat sampai enam minggu setelah pemberian dihentikan.

Demikian berita terkini Wartakotalive.com bersumber dari dailymail.co.uk hari ini. 

Baca juga: ISTRI Tentara Rusia Izinkan Suami Rudapaksa Wanita Ukraina Pakai Kontrasepsi, Rekaman Suara Beredar

Pil Kontrasepsi Segera Diuji Coba

Dr Gunda Georg, seorang ahli kimia di sekolah yang berbasis di Minneapolis, mengungkapkan  bahwa obat tersebut dapat memasuki uji coba manusia di 'paruh kedua tahun ini'.

Dia mengatakan percobaan sebelumnya menunjukkan itu memiliki 'efek yang diinginkan' pada tikus, sementara juga memastikan mereka tetap 'layak dan sehat'.

"Tentu saja, Anda harus berhati-hati dengan analisis ini karena mereka adalah tikus dan bukan manusia, namun efeknya sangat, sangat menjanjikan," katanya.

YourChoice Therapeutics - produsen yang mengatakan bertujuan untuk 'merevolusi' kontrasepsi - akan mengajukan izin kepada Food and Drug Administration (FDA) untuk memulai uji coba.

Jumlah peserta yang direkrut dan usia mereka tidak diungkapkan.

Para ilmuwan telah mencoba sejak 1950-an untuk mengembangkan kontrasepsi oral pria yang efektif, termasuk pil, gel, dan suntikan.

Tidak ada yang telah disetujui, dan bahkan opsi yang paling menjanjikan masih dianggap bertahun-tahun lagi untuk tersedia secara luas.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved