Enterpreneur

Kepada Pelaku UMKM Muda, Sandiaga Uno Ingatkan Kejujuran sebagai Kunci Sukses Jalankan Usaha

Merujuk pesan dalam lagunya berjudul 'Jangan Menyerah', Ryan D'Masiv mendorong agar pelaku usaha selalu berpikir optimis dalam berbagai rintangan.

Editor: Feryanto Hadi
Ist
Sandiaga Uno saat menghadiri Kajian Ekonomi Series-4 di Indonesia Setara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Selasa (26/4/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan sejumlah tips agar anak muda yang menggeluti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki daya saing global.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno ketika menjadi moderator dalam diskusi hibrid bertajuk Kajian Ekonomi Series-4 di Indonesia Setara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Selasa (26/4/2022).

Dalam diskusi webminar tersebut terdapat lima pembicara, yakni Founder & CEO SMEsHub (Small-Medium Enterprises Hub) Indonesia Lutpi Ginanjar, Musisi D'Masiv Rian Ekky Pradipta.

Selain itu para pelaku UMKM, antara lain pengusaha furnitur kayu M Ramdhan, Petani sekaligus Eksportir Jahe Hendrik Mubarok serta mahasiswa sekaligus eksportir produk UMKM, Afif Nur Faqih.

Baca juga: Hasil Survei Terbaru Indikator Politik, Elektabilitas Erick Thohir dan Sandiaga Uno Setara?

Dalam kesempatan tersebut, Lutpi Ginanjar menjelaskan upaya yang dilakukan SMEsHub dalam membantu sektor UMKM untuk terus berkembang dan tumbuh.

"Kita memberikan akses bagi para pelaku UMKM pemula agar produk mereka bisa menembus pasar ekspor. Kami memiliki mitra jejaring eksport di 35 negara dan juga dalam proses ekspor sudah mengikuti sistem di Bea Cukai," ungkap Lutpi.

Bersamaan dengan hal tersebut, SMEsHub juga memberikan akses bagi sejumlah mahasiswa untuk berlatih menjadi influencer dalam mempromosikan berbagai produk UMKM.

"Kita buat inkubator promosi produk UMKM. Kuncinya dalam sukses berusaha adalah seorang pelaku usaha harus memahami kebutuhan pasar," papar Lutpi.

"Kita harus bisa menjadi solusi dari sebuah masalah atau kebutuhan pasar, bisnis seperti ini yang sustainable," ujarnya bersemangat.

Baca juga: Dukung Maju Pilpres, Warga Jakarta Barat Sebut Sandiaga Uno Terbukti Sudah Ciptakan Lapangan Kerja

Hal senada disampaikan Eksportir Jahe asal Garut Selatan, Hendrik Mubarok.

Lewat strategi pemasaran yang akurat, dirinya mengungkapkan usahanya terus berkembang selama pandemi Covid-19.

"Kita berupaya memenuhi kebutuhan pasar internasional. Saya melihat kuantitas dan kualitas yang diminta," papar Hendrik.

"Dengan berkolaborasi bersama mereka yang sudah expert dalam bidang ekspor mempermudah saya menjalin relasi, jaringan hingga ke luar negeri dan peluang usaha lebih banyak," tambahnya.

Sementara itu, merujuk pesan dalam lagunya berjudul 'Jangan Menyerah', Ryan D'Masiv mendorong agar pelaku usaha selalu berpikir optimis dalam berbagai rintangan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved