Naik Haji

Pegadaian Beri Kemudahan, Emas Seberat 3,5 Gram Bisa Dapat Pinjaman untuk Naik Haji

Umat muslim yang hendak naik haji, namun terbentur dana, bisa mengikuti program yang ada di Pegadaian.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Joko Suprianto
Kepala Departemen Pengadaian Area Jatiwaringin, Syarif Hidayatulloh, mengatakan pihaknya coba memberi kemudahan bagi umat muslim yang hendak naik haji, namun biaya tak punya. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Kepala Departemen Pengadaian Area Jatiwaringin, Syarif Hidayatulloh mengatakan bagi masyarakat yang berkeinginan untuk melaksanakan haji, namun masih terkendala dana, bisa mengikuti program dari pegadaian.

Program yang dinamai Arrum Haji ini, memberikan layanan secara syariah yang memberikan kemudahan untuk mendapatkan porsi hati.

Dengan jaminan 3,5 gram emas, memperoleh pinjaman dalam bentuk tabung haji senilai Rp. 25 juta.

Baca juga: Polri Berangkatkan Ratusan Pemudik Gratis dari Senayan ke Berbagai Tujuan di Pulau Jawa

"Jadi dengan pengadaikan sejumlah emas, minimal 3,5 gram bisa mendapatkan porsi haji. Jadi ini bukan dana talangan, tapi nasabah datang ke pegadaian, nanti diberi uang Rp. 25 juta, dari mengadaikan emas tadi," kata Syarif Hidayatulloh ditemui beberapa waktu lalu.

Dari dana yang diberikan oleh Pegadaian itu, maka masyarakat bisa langsung mendaftarkan porsi haji.

Langkah ini sebagai salah satu solusi dimana, untuk berangkat haji memiliki kloter keberangkat yang harus menunggu bertahun-tahun.

"Tentunya dengan Arrum Haji ini memiliki keuntungan yaitu langsung mendapatkan porsi haji. Biaya pemeliharaan marhum (mu'nah) terjangkau, proses pengajuan pembiayaan murah, dan tentu aman karena sudah diawasi OJK," katanya.

Baca juga: Polda Metro Jaya Terapkan One Way dan Gage di Jalan Tol untuk Pemudik, Ini Lokasi dan Jadwalnya

Menurut Syarif, dari dana Rp. 25 juga yang diberikan itu, maka dapat  diangsur sesuai dengan jangka waktu yang ingin di ambil oleh nasabah. Yaitu diantaranya 12 bulan, 24 bulan, 36 bulan, 48 bulan dan 60 bulan.

Untuk persyaratan identitas diri, KK, pas foto 3x4 dan surat keterangan domisili, serta emas minimal 3,5 gram yang akan digadaikan.

"Ini semua cabang pegadaian di seluruh Indonesia bisa. Besar angsuran tergantung tenor yang diambil. Kalo 60 bulan itu kurang lebih Rp. 669.500 perbulan," ucapnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved