Ramadan

Momen Ramadan, HaloPuan Kunjungi Pesantren Disabilitas di Depok dan Buka Bersama Anak Yatim Piatu

Kunjungan ini menjadi kegiatan Halopuan di bula Ramadan, saat kegiatan Gerakan Melawan Stunting diliburkan sementara waktu. 

Dok. Halopuan
Lembaga sosial HaloPuan saat mengunjungi pesantren anak-anak YPLP Nusantara di Depok, Jawa Barat, akhir pekan kemarin. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Momen bulan suci Ramadan 1443 Hijriah, HaloPuan, lembaga sosial yang didirikan Ketua DPR RI Puan Maharani, menggelar rangkaian aksi sosial.

Pada akhir pekan kemarin, HaloPuan mengunjungi pesantren anak-anak disabilitas di Depok, Jawa Barat, yang dikelola Yayasan Pendidikan Luar Biasa (YPLP) Nusantara.

Saat ini, YPLB Nusantara menampung, merawat, dan mendidik sekitar 107 anak disabilitas, sementara 30 anak disabilitas lainnya menjalani pendidikan secara pulang-pergi. 

Baca juga: Puan Ingatkan Pentingnya Persiapan Mudik Lebaran agar Tidak Terjadi Kemacetan

Baca juga: Puan Maharani Ungkap Kisah Puasa Ramadan Selamatkan Bung Karno dari Upaya Pembunuhan

Anak-anak di pesantren tersebut, memiliki kebutuhan khusus yang bermacam-macam, mulai dari tuna netra, tuli, down syndrome, grahita, daksa, hiperaktif, cerebral palsy, dan autis.

"Mereka, sebagian besarnya ditinggalkan begitu saja oleh orang tua mereka. Hanya sedikit yang masih dikunjungi oleh orang tua," kata Sujono, pendiri YPLB Nusantara seperti dikutip dalam siaran pers Haloan, Senin (25/4/2022).

YPLB Nusantara  yang berdiri sejak 1989 ini, memiliki 36 staf pendidik dan pelatih.

Lembaga sosial Halopuan saat mengunjungi pesantren anak-anak YPLP Nusantara di Depok, Jawa Barat, akhir pekan kemarin.
Lembaga sosial HaloPuan saat mengunjungi pesantren anak-anak YPLP Nusantara di Depok, Jawa Barat, akhir pekan kemarin. (Dok. Halopuan)

Menurut Sujono, anak-anak disabilitas di pesantrennya terbagi dalam tiga kategori sesuai tingkat kebutuhan mereka, yakni  mampu-rawat, mampu-latih, dan mampu-didik.

"Kunci mendidik mereka adalah kesabaran dan kasih sayang, serta tentu saja doa kepada Tuhan Yang Maha Pengasih,” kata Sujono.

Sementara itu, Irman Abdurrahman, relawan HaloPuan mengatakan, kunjungan ini menjadi kegiatan Halopuan di bula Ramadan, saat kegiatan Gerakan Melawan Stunting diliburkan sementara waktu. 

Baca juga: Puan, Sarinah, dan Perjuangan Kartini Masa Kini

Baca juga: Puan Maharani Minta Pemerintah Laksanakan Putusan MA, Sediakan Vaksin Covid-19 Halal

"Terima kasih kepada Pak Sujono, dan teman-teman di YPLB Nusantara, yang telah memberi kami kesempatan untuk melihat realitas lain dari kehidupan ini,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved