Advertorial

BAZNAS Gelar Fashion Show Batik Buatan Mustahik di Cibubur Junction

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengadakan acara Fashion Show Islami BAZNAS RI x Cibubur Junction.

Editor: Lucky Oktaviano
Istimewa
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengadakan acara Fashion Show Islami BAZNAS RI x Cibubur Junction, Sabtu (23/4/2022). Acara ini digelar dalam rangka mempromosikan batik buatan mustahik BAZNAS. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengadakan acara Fashion Show Islami BAZNAS RI x Cibubur Junction.

Acara ini digelar dalam rangka mempromosikan batik buatan mustahik BAZNAS.

Fashion Show yang digelar di Mall Cibubur Junction, Jakarta, pada Sabtu (23/4), ini berfokus pada pameran batik ramah lingkungan dari mustahik BAZNAS RI dan promosi produk beberapa tenant Cibubur Junction.

"Acara ini merupakan upaya BAZNAS dalam mempromosikan batik ramah lingkungan buatan mustahik BAZNAS. Salah satunya yang dibina BAZNAS adalah Kampung Batik Cibuluh Bogor," kata Pimpinan BAZNAS RI, Caj. Kol (Purn)., Nur Chamdani

Kampung Batik Cibuluh binaan BAZNAS selama ini sudah menggunakan alat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sebagai upaya pencegahan pencemaran lingkungan akibat cat pewarna batik.

Di sana terdapat delapan kelompok pembatik yang terdiri dari Batik Sadulur, Batik Gaziseri, Batik Pancawati, Batik Melinda, Batik Melangit, Batik Bumiku, Batik Cherry, dan Batik Panineungan.

"Inilah yang kami maksud ramah lingkungan. Peduli terhadap lingkungan berdampak kepada keberlanjutan usaha batik ini, Kampung Batik Cibuluh mulai memperhatikan lingkungan dan siap menjaga lingkungan dari limbah batik yang dihasilkan agar lebih ramah lingkungan," kata Chamdani.

Tak hanya itu, Dia menyebut, Kampung Batik Cibuluh yang telah diluncurkan sejak 2019 lalu berhasil mengubah taraf hidup masyarakat setempat.

Sehingga, melalui acara ini, BAZNAS ingin terus mengenalkan batik karya mustahik agar lebih dikenal masyarakat.

"BAZNAS tak hanya memberikan akses permodalan saja, namun juga pembinaan dan pelatihan berkala. Selain itu juga membantu proses promosi, seperti acara peragaan busana ini contohnya," katanya.

"Kami berharap, usaha batik ini akan berkembang pesat dan dapat meningkatkan perekonomian keluarga serta mengenalkan produk Batik Bogor ke masyarakat luas bahkan mancanegara," sambung Nur Chamdani.

Menurut Chamdani, Kampung Batik Cibuluh binaan BAZNAS berupaya menjadi Desa Wisata Pemberdayaan Zakat, dengan mendorong dua fungsi pada pariwisata alternatif di Kota Bogor berkonsep Experential Halal Tour dan Pemberdayaan Batik khas Bogor.

"Dengan daya tarik yang disajikan di Kampung Batik Cibuluh, semoga dapat mendorong pihak lain untuk melakukan langkah serupa, memberdayakan masyarakat dengan keahlian masing-masing," katanya.

"Tentu apa yang dilakukan BAZNAS ini merupakan buah dari bantuan yang disalurkan donatur melalui BAZNAS, yang alhamdulillah sangat berguna sekali dalam meningkatkan taraf hidup mustahik binaan," pungkasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved