SEA Games 2022 Vietnam

Setelah Kalahkan Andong Science College, Coach Shin Tae-yong Soroti Sejumlah Kekurangan Timnas U-23

Timnas Indonesia U-23 menang 4-2 atas Andong Science College pada laga uji coba pertama pemusatan latihan di Haemaji Football, Korea Selatan.

Penulis: Sigit Nugroho | Editor: Sigit Nugroho
pssi.org
Timnas Indonesia U-23 menang 4-2 atas Andong Science College pada laga uji coba pertama pemusatan latihan atau training camp (TC) di Haemaji Football Field, Korea Selatan (Korsel), Kamis (21/4/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 menang 4-2 atas Andong Science College pada laga uji coba pertama pemusatan latihan atau training camp (TC) di Haemaji Football Field, Korea Selatan (Korsel), Kamis (21/4/2022).

Empat gol pemain Timnas U-23 dicetak oleh Irfan Jaya pada menit ketujuh, Muhamad Ridwan pada menit ke-21 lewat tendangan penalti 21, Ronaldo Kwateh di menit ke-88, dan Irfan Jauhari di menit ke-90.

Pada laga persahabatan tersebut, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menurunkan empat pemain senior sebagai starter, yakni Fachruddin Aryanto, Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Irfan Jaya.

Di babak kedua, Shin Tae-yong mengganti sembilan pemain.

Baca juga: Timnas Sepak Takraw Yakin Bisa Pertahankan Emas di Nomor Dobel di Ajang SEA Games Vietnam

Baca juga: Meski Dua Kali Kalah dari Yeungnam University, Shin Tae-yong Tetap Memuji Perkembangan Timnas U-19

Baca juga: Dampak Pandemi Covid-19, Capaian Imunisasi Dasar Lengkap Baru Capai 58,4 Persen per Oktober 2021

Shin Tae-yong mengapresiasi kinerja para pemain.

Padahal sebelumnya, Rachmat Irianto dan kawan-kawan digembleng latihan keras.

"Memang para pemain sangat bekerja keras untuk pertandingan hari ini, tapi masih banyak kekurangan, dari feel permainan, timing, dan passing juga masih kurang," kata Shin Tae-yong dikutip dari pssi.org.

"Para pemain menang menjalani latihan tiga kali sehari, jadi masih berat bagi pemain (belum terbiasa). Jadi pertandingan tadi lumayan saja," ujar Shin Tae-yong.

BERITA VIDEO: Kisah Oman Dirikan Sekolah dan Mengajar Siswa di Tengah Hutan Karawang

Meski demikian, Shin Tae-yong melihat masih banyak kekurangan dari Timnas U-23, terutama soal organisasi permainan.

"(Evaluasi) pertama jaga jarak, cari ruang kosong di belakang, dan membuat peluang-peluang yang baik," jelas Shin Tae-yong.

"Karena ada masih ada beberapa kali uji coba, para pemain melalukan conditioning. Pemain yang cedera lakukan terapi. Para pemain harus membuat organisasi lebih baik lagi," tambahnya.

Sementara itu, Fachruddin Aryanto menilai uji coba ini sangat bagus untuk Timnas U-23.

"Karena kami habis latihan keras tiga hari kemarin, temen-temen kondisinya masih belum stabil. Mudah-mudahan kondisinya lebih baik. Ini pelajaran bagus buat kami. Ya baguslah, kami jarang kumpul, jadi sekarang bisa mengembalikan kerja sama secara tim," kata Fachruddin.

Selanjutnya, Timnas U-23 akan melawan Pohang  Steelers pada Sabtu (23/4/2022) dan Daejon Hana Citizen pada Rabu (27/4/2022).

Setelah laga uji coba melawan Daejon Hana, Garuda Muda akan kembali dulu ke Jakarta sebelum bertolak ke Vietnam pada tangggal 3 atau 4 Mei untuk mengikuti SEA Gamas 2022 Vietnam.

Di SEA Games 2022 Vietnam, Tim U-23 Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Rencananya, SEA Games 2022 Vietnam bakal berlangsung dari 12-23 Mei mendatang.

Cabang olahraga sepak bola sudah dimulai sejak tanggal 6 Mei.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved