Hari Kartini

Ayo Naik Kelas dan BNI Xpora Kolaborasi Gelar Kartini Milenial Go Ekspor Bersama Blogger

Kegiatan tersebut  dihadiri oleh para blogger dan disiarkan secara live streaming melalui youtube Rumah BUMN BNI.

Editor: Feryanto Hadi
Ist
Kegiatan bertajuk Kartini Milenial Go Ekspor yang diselenggarakan oleh Komunitas UMKM Muda Ayo Naik Kelas bersama BNI Xpora & Rumah BUMN BNI di Xpora Jakarta Smesco Indonesia. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Kartini adalah sosok wanita muda yang pantang menyerah dalam menghadapi tantangan di zamannya, sosok perempuan muda yang kemudian menjadi pahlawan emansipasi bagi kaum perempuan di negeri ini.

Namun banyak yang belum mengetahui jika RA Kartini bukan hanya berjuang untuk emansipasi wanita tapi juga menggerakkan ekonomi lokal melalui kerajinan ukir Jepara hingga menembus pasar Eropa.

Semangat wirausaha RA Kartini Go Global ini yang kemudian menjadi latar belakang kegiatan Kartini Milenial Go Ekspor yang diselenggarakan oleh Komunitas UMKM Muda Ayo Naik Kelas bersama BNI Xpora & Rumah BUMN BNI pada 19 April 2022 di Xpora Jakarta Smesco Indonesia.

Baca juga: Futri Zulya dan Zita Anjani Tulis Novel Rantau, Kartini Masa Kini yang Menginspirasi Banyak Orang

Kegiatan tersebut  dihadiri oleh para blogger dan disiarkan secara live streaming melalui youtube Rumah BUMN BNI.

Kegiatan diisi oleh sharing session dari Kartini Inspiratif Aling Nur Naluri Widianti dari Salam Rancage yang berhasil mengembangkan usaha sosial melalui pemberdayaan ibu rumah tangga dengan menciptakan kerajinan berbahan dasar kertas daur ulang hingga berhasil menembus pasar Amerika & Eropa.

Selain itu sesi ke 2 menghadirkan Lutpi Ginanjar dari SmesHub Indonesia sebuah digital platform untuk anak muda peduli UMKM yang berhasil masuk menjadi Top 30 Asean Startup Challenge 2021 dan Genio P. Hardianto dari BNI yang memperkenalkan Xpora sebagai inovasi digital BNI dalam mendukung UMKM Go Global melalui beragam fitur yang dapat diakses melalui xpora.bni.co.id dan mendirikan Xpora Hub di 7 kota seperti Jakarta, Solo, Surabaya, Bandung, Denpasar, Medan dan Makassar serta terhubung ke 6 kantor cabang BNI di Singapura, Hongkong, Seoul, Tokyo, London & New York.

Baca juga: Jadi Pilar Utama UMKM, Menkominfo Sebut Kartini Muda Terinspirasi Sosok Raden Ajeng Kartini

Bukan sekadar berbagi ilmu dan pengalaman, kegiatan Kartini Go Ekspor juga menampilkan fashion show karya UMKM Wanita dari Rumah BUMN BNI, Wisni Indarto adalah sosok Kartini Masa Kini yang mendirikan Saung Batik Wdrupadi sebagai sarana mempopulerkan kebaya kutu baru kepada generasi muda agar mereka lebih mencintai budaya negeri sendiri.

Fashion show ini diiringi oleh alunan biola dari Raiguna Sonjaya yang membawakan lagu RA Kartini.

Founder Ayo Naik Kelas, Hadi Sulistyo menjelaskan, kegiatan hari Kartini yang dikemas dari sisi yang berbeda ingin mengenalkan tentang perjuangan RA Kartini untuk UMKM lokal hingga menembus pasar Eropa.

"Melalui kegiatan bersama Blogger ini kami ingin berbagi semangat inspirasi untuk generasi muda sebagai Kartini Milenial agar mereka berperan aktif mengembangkan usaha dan potensi lokal hingga ke mancanegara melalui kemudahan teknologi dan ekosistem digital yang diciptakan oleh BNI Xpora dan SmesHub Indonesia," ungkapnya melalui keterangan tertulisnya, Jumat (22/4/2022)

Baca juga: Jelang Hari Kartini, Bentara Budaya Jakarta Gelar Pameran Lukisan Karya Seniman Perempuan Indonesia

Ayo Naik Kelas merupkan startup community media untuk UMKM Muda di Indonesia berbasis platform sosial media instagram @ayo.naik.kelas yang dikembangkan oleh anak-anak muda peduli UMKM Indonesia sejak tahun 2020 dengan beragam kegiatan komunitas seperti sharing newbiepreneur di clubhouse, live instagram bersama UMKM Muda hingga kegiatan kopdar UMKM sebagai support system dan teman naik kelas untuk anak-anak muda yang sedang merintis usaha.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved