Berita Nasional

Minta Pemudik Belanja Produk Kreatif di Kampung Halaman, Sandiaga Uno: Bangkitkan Ekonomi Lokal

Minta Pemudik Belanja Produk Kreatif di Kampung Halaman, Sandiaga Uno: Bangkitkan Ekonomi Lokal

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri peresmian Rumah Melati Bangka Belitung, Kepulauan Riau pada Rabu (20/4/2022).  

WARTAKOTALIVE.COM, PANGKAL PINANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meminta masyarakat yang melakukan mudik lebaran biasa belanja produk kreatif di kampung halaman.

Dengan begitu, dirinya berharap roda ekonomi masyarakat bergerak.

Selain itu, kebangkitan ekonomi daerah yang diprediksi mencapai Rp72 triliun secara nasional dapat terwujud.

Harapan tersebut disampaikan Sandiaga Uno usai berbincang dengan pelaku ekonomi kreatif Kepulauan Bangka Belitung di Rumah Kreatif Melati, Pangkalpinang, Kepulauan Riau pada Rabu (20/4/2022).

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno mengungkapkan kabar baik mengenai dilonggarkannya kebijakan mudik lebaran. 

Dengan diperbolehkannya mudik lebaran, masyarakat perkotaan yang pulang ke kampung halaman akan berdampak langsung terhadap perekonomian lokal.

"Mudik kali ini setelah dua tahun tidak terlaksana akibat pandemi, tahun ini pemerintah memperbolehkan mudik dengan beberapa persyaratan. Dan kami sudah menghitung (mudik) akan berdampak antara 20 sampai 25 persen terhadap ekonomi lokal," kata Menparekraf Sandiaga Uno.  

Oleh karena itu, dirinya berharap para pemudik, khususnya mereka yang akan pulang ke Kepulauan Bangka Belitung untuk dapat berbelanja produk kreatif lokal.

Di sisi lain para pelaku kreatif juga harus dapat mempersiapkan diri dengan menyiapkan produk-produk yang berkualitas dan berkelanjutan. 

"Jangan hanya mudik dan 'rohali' atau rombongan hanya lihat-lihat, tapi harus jadi 'rojali' rombongan yang jadi beli," kata Sandiaga. 

Pemerintah sendiri memperkirakan perputaran ekonomi saat momen libur lebaran tahun 2022 akan mencapai Rp72 triliun. 

Baca juga: Apresiasi Rumah Melati Bangka Belitung, Sandiaga Uno : Bangkitkan Ekonomi-Buka Lapangan Kerja

Baca juga: Sandiaga Uno: Program Kelana Ramadhan Aceh Dorong Penciptaan Lapangan Kerja dan Kebangkitan Ekonomi 

Angka tersebut diperkirakan bisa lebih tinggi mengingat durasi libur dan cuti bersama pada momen libur lebaran tahun ini cukup panjang. 

"Sehingga dampak Rp72 triliun terhadap ekonomi daerah ini bisa kita realisasikan, (produk ekonomi kreatif) ini menggerakkan ekonomi jika dibeli oleh para pemudik. Jadi yang mudik ke Bangka, balik ke sini, beli produk lokal baik kuliner kriya, fesyen dan juga produk unggulan ekonomi kreatif Bangka Belitung lainnya," kata Sandiaga. 

Di sisi lain ia mengingatkan agar pelaku ekonomi kreatif tidak memanfaatkan momen libur lebaran 2022 secara berlebihan dengan menaikkan harga jual produk. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved