Berita Nasional

Apresiasi Rumah Melati Bangka Belitung, Sandiaga Uno : Bangkitkan Ekonomi-Buka Lapangan Kerja

Apresiasi Rumah Melati Bangka Belitung, Sandiaga Uno : Bangkitkan Ekonomi-Buka Lapangan Kerja

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri peresmian Rumah Melati Bangka Belitung, Kepulauan Riau pada Rabu (20/4/2022).  

WARTAKOTALIVE.COM, BANGKA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong peran aktif pelaku ekonomi kreatif, khususnya komunitas untuk memaksimalkan Rumah Melati Bangka Belitung

Kehadiran galeri seni dan ruang kreatif itu diharapkan dapat menjadi ruang berkreasi dan etalase produk ekonomi kreatif, sehingga mampu meningkatkan penjualan, membangkitkan ekonomi demi terbukanya lapangan kerja.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno ketika menghadiri peresmian Rumah Melati Bangka Belitung, Kepulauan Riau pada Rabu (20/4/2022). 

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno mengapresiasi kehadiran Ruang Melati yang diinisiasi Ketua Dekranasda Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi. 

Pasalnya, galeri tersebut diisi beragam macam produk kriya hasil buah tangan para lpelaku usaha kreatif di Bangka Belitung. 

Tak hanya itu, tempat ini nantinya juga berfungsi sebagai ruang ekspresi ekonomi kreatif lainnya seperti multimedia dan digital, pertunjukan seni dan workshop seni lukis, seni pahat atau patung, fotografi, sinematografi, musik, konten kreator hingga food bazaar. 

"Saya tentunya sangat mengapresiasi kehadiran Ruang Melati sebagai creative hub di Bangka Belitung, di saat kita bertransisi dari ekonomi ekstraktif menuju ekonomi kreatif. Belajar dari creative hub yang sudah kami pelopori, kunci pengembangannya bukan inisiatornya, tapi dukungan dari komunitas," ungkap Sandiaga Uno bersemangat.

Oleh karena itu, dirinya mendorong peran aktif dari komunitas kreatif Bangka Belitung, termasuk pelaku UMKM untuk menghidupkan Ruang Kreatif Melati dengan membuat berbagai kegiatan. 

"Sehingga Ruang Kreatif Melati bukan hanya menjadikan produk kreatif diapresiasi, tapi dijual dan digunakan sebagai etalase daripada produk-produk ekonomi kreatif Bangka Belitung," kata Sandiaga Uno

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, pihaknya memiliki beberapa program yang dapat dikolaborasikan dengan Rumah Kreatif Melati. 

Baca juga: Sandiaga Uno Dapat Dukungan Pelaku Wisata di Pangandaran untuk Maju Nyapres 2024

Baca juga: Deklarasi Sandiaga Uno Capres 2024 di Sumbar: Ekonomi UMKM Meningkat

Di antaranya KaTa Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia serta Bantuan Pemerintah (Banper) Sarana Ruang Kreatif. 

Sejumlah program tersebut akan memberikan fasilitasi ruang kreatif berupa barang-barang atau sarana dan prasarana yang dibutuhkan. 

"Silakan ajukan proposal bantuan pemerintah untuk mendukung aktivasi kegiatan di Ruang Kreatif Melati," kata Sandiaga Uno.

"Ini adalah sinergi dan kolaborasi yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu. Mari kita ciptakan ekonomi kreatif Bangka Belitung yang berkualitas, resilience, dan berkelanjutan," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved