Mudik Gratis

Animo yang Luar Biasa, Pemprov DKI Pertimbangkan untuk Menambah Kuota Mudik Gratis

Wagub DKI Ahmad Riza Patria mempettimbangkan untuk menambah kuota mudik gratis, mengingat animo yang luar biasa dari masyarakat.

Wartakotalive.com/Yolanda Putri Dewanti
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons tingginya animo masyarakat untuk ikut mudik gratis, dan kemungkinan kuota akan ditambah. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria buka suara soal rencana Pemprov DKI Jakarta akan menambah kuota untuk mudik gratis Lebaran 2022.

Menurut pria yang karib disapa Ariza ini, pihaknya belum bisa memastikan terkait hal itu.

"Ya, nanti kita akan lihat perkembangannya, dari pemerintah pusat sudah ada kan, nanti kita lihat ya," ucap Ariza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Tanti Rohilawati Minta Masyarakat Kurangi Makan Gorengan dan Banyak Mengonsumsi Buah saat Puasa

"Mudik itu selama ini bantuan dari pemerintah pusat, kemudian dari Pemerintah Provinsi DKI, kemudian dari pihak swasta memberi bantuan bahkan dari partai politik juga memberi bantuan," tambahnya.

Berdasarkan data dari Kepala Bidang Angkutan Jalan pada Dinas Perhubungan DKI Jakarta Yayat Sudrajat, total peserta arus mudik dan balik mencapai 19.680 orang.

Rinciannya, 11.680 orang untuk arus mudik diangkut menggunakan 292 bus, sedangkan 8.000 orang untuk arus balik diangkut memakai 200 bus.

Kemudian pemerintah telah menyiapkan 31 truk untuk mengangkut 930 sepeda motor saat arus mudik dan balik.

Rinciannya, 660 sepeda motor untuk arus mudik diangkut memakai 22 truk, dan 270 sepeda motor diangkut memakai sembilan truk saat arus balik.

Baca juga: Emak-emak di Ciampea Bogor Saling Dorong Berebut BLT Minyak Goreng, Persiapan Dana untuk Lebaran

Adapun tujuannya ke 17 kota dan kabupaten di 5 (lima) provinsi (Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur).

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat ada 4,8 juta warga yang mengakses situs mudik gratis Pemprov DKI Jakarta, yakni www.mudikgratisdkijakarta.id.

Pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya guna mengantisipasi adanya kesalahan atau error saat masyarakat mendaftar lewat situs tersebut.

“Kami sudah bikin jalur antrean, kemungkinan besar mereka pasti bisa masuk asal memang harus antre,” ujar Kepala Bidang Angkutan Jalan pada Dinas Perhubungan DKI Jakarta Yayat Sudrajat pada Senin (18/4/2022).

Baca juga: Dirlantas Polda Metro Sebut Masyarakat Kangen Mudik Lebaran, Arus Lalu Lintas di Tol Bakal Macet

Yayat mengakui, beberapa hari lalu situs pendaftaran memang mengalami error karena saat itu ada 4,8 juta warga yang mengaksesnya.

 Dia meminta masyarakat bersabar karena kekuatan jaringan internet dari gawai peserta juga mempengaruhi untuk mengakses situs tersebut.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved