Mudik Lebaran

Delapan Pasar Tumpah di Karawang Rawan Timbulkan Kemacetan Saat Mudik Lebaran

Ada delapan pasar tumpah di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang rawan menimbulkan kemacetan saat mudik Lebaran

dok multiadhiperkasa
Pasar Johar di Jalan Tuparev, Kabupaten Karawang menjadi salah satu titik kemacetan saat mudik lebaran karena adanya pasar tumpah 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG - Ada delapan pasar tumpah di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang rawan menimbulkan kemacetan saat mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Delapan pasar tumpah itu tersebar di jalur arteri dan alternatif.

Untuk jalur arteri diantaranya, Pasar Johar di Jalan Tuparev, Pasar Kosambi di Jalan Raya Kosambi, Pasar Cikampek dijalan Terminal Bus, Pasar Pemda Cikampek di jalan Kembon Kembang Cikampek dan Pasar Jatisari di Jalan Raya Jatisari.

Kemudian untuk jalur Alternatif sepanjang 49 kilometer yang biasa dilalui pemudik kendaraan roda dua ada 3 pasar tumpah yaitu Pasar Telagasari di Jalan Raya Telagasari, Pasar Wadas dijalan Syeh Quro dan Pasar Gempol di Jalan Raya Gempol-Cilamaya.

"Iya betul sudah kami pikirkan dan lakukan upaya antisipasi. Mulai dari pembenahan dan ditempati petugas gabungan di lokasi pasar-pasar itu," kata Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono, pada Minggu (17/4/2022).

Baca juga: Antisipasi Macet di Jalur Puncak saat Mudik, Polres Bogor Bangun 4 Pospam 

Aldi menerangkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada pengelola pasar agar secara bersama-sama mengatasi kepadatan lalulintas dan juga membeludaknya pengunjung pasar.

Mulai dari lokasi lapak pedagang yang tidak banyak memakan badan jalan, lalu sistem perparkiran juga akan dibenahi.

"Kita sudah koordinasi dengan Pemda Karawang agar melakukan pembenahan pasar-pasar ini agar tidak menjadi titik kemacetan saat mudik," jelas dia.

Selain itu Aldi juga mengatakan akan melibatkan relawan seperti dari Pramuka, Linmas maupun unsur masyarakat lainnya untuk membantu polisi dalam mengatur arus lalulintas.

Baca juga: Sebanyak 14 Posko Pengamanan Akan Dibangun di Jalur Mudik Karawang

Jumlah relawan yang akan dilibatkan tergantung dengan kondisi di lapangan.

"Yang pasti kami akan tempatkan relawan disetiap titik strategis untuk membantu kami. Bukan hanya di pasar, tapi juga sepanjang jalan yang dilalui pemudik akan ada relawan yang turut membantu," tandasnya. 

Bangun 14 Posko

Sebanyak 14 posko pengamanan bakal dibangun di sepanjang jalur mudik Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kepala Bidang Prasarana pada Dinas Perhubungan Karawang, Dikhy Prayoga, menerangkan 14 posko pengamanan itu tersebar baik di jalur arteri maupun jalur alternatif para pemudik.

Jalur Arteri diantaranya di pertigaan Jalan Tanjungpura, Flyover Lamaran Tanjung Pura, Terminal Tanjungpura, Exit Tol Karawang Timur, Flyover Cikampek, Simpang Jomin, Mutiara.

Baca juga: Baru Selesai Pengaspalan, Ini Jadwal Penjualan Tiket Formula E Jakarta

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved