Komunitas

Gandeng Mat Peci, KT&G SangSang Univ. Indonesia Gelar Aksi Bersih-Bersih Sungai Ciliwung

Kegiatan Sungai Ciliwung ini, kita semua sama-sama mengimplementasikan bentuk kepedulian lingkungan mulai dari hal yang sederhana.

Istimewa
Menggandeng Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci), KT&G SangSang Univ. Indonesia - melalui program kegiatannya SangSang Volunteer - baru saja menggelar aksi bersih-bersih kali Ciliwung. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Berkolaborasi dengan Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci), KT&G SangSang Univ. Indonesia -  melalui program kegiatannya SangSang Volunteer - baru saja menggelar aksi bersih-bersih kali Ciliwung. 

Kegiatan sosial yang berlangsung akhir pekan lalu itu, menjadi kegiatan volunteer offline pertama di tahun 2022, setelah dua bulan yang lalu terjadi peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron.

Sehingga kegiatan volunteer tersebut dilakukan beberapa penyesuaian, dan edukasi menjadi agenda pertama pada kegiatan ini.

Baca juga: Komunitas Cinta Berkain Indonesia Terus Kembangkan Rasa Cinta Budaya Busana Berkain Nusantara

"Edukasi lingkungan dan informasi mengenai Sungai Ciliwung menjadi penting, karena dengan mengetahui kondisi ini, anak muda dan lingkungan sekitar akan tergerak untuk melindungi dan menjaga bumi kita," kata Usman Firdaus, Ketua Mat Peci.

Menggandeng Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci), KT&G SangSang Univ. Indonesia - melalui program kegiatannya SangSang Volunteer - baru saja menggelar aksi bersih-bersih kali Ciliwung.
Menggandeng Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci), KT&G SangSang Univ. Indonesia - melalui program kegiatannya SangSang Volunteer - baru saja menggelar aksi bersih-bersih kali Ciliwung. (Istimewa)

Kegiatan peduli lingkungan kali ini, diikuti 11 peserta volunteer dari mahasiswa dan mahasiswi dari beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta. 

Para peserta merupakan bagian dari komunitas KT&G SangSang Univ. Indonesia yang sangat antusias dan menanti-nanti kegiatan volunteer offline.

Rangkaian kegiatan hari itu, mulai dari edukasi pemahaman Sungai Ciliwung, penanaman pohon, operasi semut di sekitar pinggiran sungai, penyebaran benih ikan, dan rafting menyusuri Sungai Ciliwung.

Baca juga: Lebih 12.000 Anggota Komunitas Cegah Satu Miliar Botol Plastik dari Pencemaran Laut

Farhan, mahasiswa IPB jurusan Arsitektur Lanskap yang mengikuti kegiatan ini, menyadari betapa pentingnya kepedulian kecil yang berdampak besar.

“Harapannya dari kegiatan Sungai Ciliwung ini, kita semua sama-sama mengimplementasikan bentuk kepedulian lingkungan mulai dari hal yang sederhana, seperti membuang sampah pada tempatnya," katanya. 

Senada diungkapkan Vanessa Justin, mahasiswi Bahasa Korea Universitas Nasional.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved