Pertanian

Pemkab Bekasi Terpanggil Bangun Balai Penyuluhan Pertanian untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Pemkab Bekasi sangat memperhatikan pertanian di wilayahnya, karena itu akan dibangun balai penyuluhan pertanian.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Valentino Verry
Istimewa
ILustrasi - Pertanian menjadi salah satu mata pencaharian warga di Kabupaten Bekasi, karena itu Pemkab Bekasi sangat memperhatikannya lewat berbagai cara seperti akan dibangunnya balai penyuluhan pertanian. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Pemkab Bekasi melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang akan membangun Balai Penyuluhan Pertanian di wilayah utara dan selatan Kabupaten Bekasi pada tahun ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Bekasi, Beni Saputra mengatakan dua kecamatan di Kabupaten Bekasi yang akan dibangun balai penyuluhan pertanian yakni di Kecamatan Tambun Utara dan Cikarang Selatan.

Baca juga: PDIP tak Pernah Lelah Menggagalkan Ajang Balap Formula E Lewat Berbagai Cara

"Pembangunannya akan dilakukan tahun ini. Total alokasi anggarannya sekitar Rp 1,5 miliar, untuk yang di Tambun Utara sekitar Rp 941 juta dan di Cikarang Selatan sekitar Rp 698 juta," katanya, Sabtu (9/4/2022).

Beni menuturkan, selain pembangunan dua Balai Penyuluhan Pertanian, Pemkab Bekasi juga akan melakukan rehab Balai Penyuluhan di Kecamatan Pebayuran.

Alokasi anggaran pembangunan dan rehab bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi 2022.

Baca juga: Dapat Uang Sekoper, Rizky Billar kini Terseret Kasus DNA Pro

"Untuk anggaran rehab Balai Penyuluhan di Pebayuran anggrannya sekitar Rp 308 juta. Saat ini baik yang dibangun dan direhab sudah pada tahap lelang," ucapnya.

Diketahui, balai penyuluhan pertanian berfungsi untuk meningkatkan fasilitas penyuluh dan petani.

Dengan adanya balai penyuluhan petani diharapkan dapat menunjang penyelenggaraan pertanian seperti, penyusunan program penyuluhan, menyediakan dan menyebarluaskan informasi teknologi, menfasilitasi pengembangan kelembagaan pertani, meningkatkan fasilitas penyuluh dan petani.

Baca juga: Sesepuh KBU Sebut Muhammad Diaz Hanya Korban dari Tawuran yang Berlangsung Puluhan Tahun

"Semoga tahun ini pembangunannya bisa selesai dengan baik sesuai sengan perncanaan, sehingga hasil pembangunnanya bisa dirasakan manfaatnya oleh petani-petani kita," ungkap Beni.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved