Pendidikan

BPK Penabur Jakarta Bangun Generasi Cakap Digital Lewat Kompetisi Komputer

Sekolah BPK Penabur Jakarta peduli pada perkembanagn prndidikan anak, karena itu aktif menggelar berbagai kompetisi yang membangun.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sekolah BPK Penabur menggelar K-12 Computer Science Education Fair 2022. Kompetisi ini sangat bagus agar anak-anak menjadi cakap digital. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ribuan peserta yang berasal dari 30 kota di 11 provinsi di Indonesia mengikuti K-12 Computer Science Education Fair 2022 yang digelar 7-9 April 2022. 

Kegiatan yang digelar BPK PENABUR Jakarta bekerja sama dengan Coding Bee Academy itu dilaksanakan dalam rangka untuk membangun generasi cakap digital

Ketua BPK PENABUR Jakarta Antono Yuwono mengatakan K-12 Computer Science Education Fair 2022 digelar untuk mengedukasi pentingnya ilmu pengetahuan digital dan teknologi komputer.

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran, PO Bus Keluhkan Banyak Terminal Bayangan Bikin Sepi Terminal Resmi

“Era disrupsi, perubahan terjadi begitu cepat, membuat penguasaan soft skills sejak dini bagi peserta didik menjadi penting, tidak kalah dengan hard skills,” ucap Antono, di TKK 3 PENABUR, Jakarta Timur, Sabtu (9/4/2022). 

Modalnya keterampilan 4C yakni critical thinking (berpikir kritis), creative and innovative (kreatif dan inovatif), communicative (komunikatif), dan collaborative (kolaboratif). 

“Selain itu kemampuan menguasai teknologi informasi dan komputer (computational thinking) harus dimiliki oleh peserta didik,” sambungnya. 

Kegiatan itu juga komitmen untuk membangun Generasi Emas Indonesia yang ada memiliki keunggulan dan jiwa kompetitif supaya bisa menghadapi persaingan global era industri 4.0. 

Baca juga: Lakukan Shalat Isroq Pahalanya Sebanding dengan Ibadah Haji dan Umrah

Co- Founder Coding Bee Academy, Haripin Eko Prima mengungkapkan K-12 Computer Science Education Fair 2022 diharapkan bisa menjadi inspirasi anak-anak Indonesia. 

Pasalnya kegiatan tersebut dapat menginspirasi anak-anak Indonesia tidak hanya jadi konsumen teknologi tapi juga menjadi pencipta teknologi. 

“Begitu juga dengan masyarakat agar memiliki kesadaran akan pentingnya membangun literasi digital dan pendidikan coding,” ungkapnya. 

Widyaprada Ahli Utama Kemendikbud Ristek, Hurip Danu Ismadi mengapresiasi apa yang dilakukan BPK PENABUR Jakarta dengan K-12 Computer Science Education Fair 2022. 

Baca juga: Lagi Viral Video Ustadz Yusuf Mansur Marah Sambil Gebrak Meja, Ternyata Ini Permasalahannya

Pasalnya anak-anak perlu dikenalkan dengan teknologi digital untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan menguasai apa yang menjadi kemampuannya.  

“Kita sebagai pendidik kenalkan dunia digital kepada anak-anak dan pemerintah sudah mewadahi sistem pendidikan dengan kurikulum dalam meningkatkan kecakapan digital,” urainya.

Adapun K-12 Computer Science Education Fair 2022 menggelar PENABUR Kids Fest yang diikuti oleh 477 peserta dan 1.327 peserta berpartisipasi dalam Code Olympiad. 

Sementara 2.205 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara hingga Papua mengikuti webinar.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved