Jalan Rusak

Endang Sodikin Sesali Pemkab Karawang Perbaikan Jalan Rusak yang Menjadi Kewenangan PT Jasa Marga

Politisi Gerindra Endang Sodikin sesali Pemkab Karawang yang mengalah pada PT Jasa Marga, mau memperbaiki jalan rusak.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Valentino Verry
Nuansametro.co.id
Politisi Gerindra Endang Sodikin mengkritisi kebijakan Pemkab Karawang yang mau mempebaiki jalan rusak yang menjadi kewenangan PT Jasa Marga. 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG - Anggota Badan Anggaran DPRD Karawang, Endang Sodikin menyesalkan Pemerintah Kabupaten Karawang tidak meminta pandangan dewan terkait perbaikan akses jalan menuju Gerbang Tol Karawang Timur.

Pasalnya, jalan itu merupakan kewenangan Jasa Marga. Akan tetapi justru kenapa perbaikannya menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Karawang.

Baca juga: Marshel Widianto Penuhi Panggilan Polisi, Diperiksa Sebagai Saksi Kasus Video Mesum Dea OnlyFans

"Pemda tidak pernah secara khusus berdiskusi meminta pandangan kami tentang penanganan jalan rusak di Jalan Interchange akses Tol Karawang Timur," kata Endang, pada Kamis (7/4/2022).

Endang menerangkan pihaknya perbaikan jalan rusak itu memang sangat penting. Selain berpotensi terjadi kemacetan, juga membahayakan pengendara.

Akan tetapi tetap perbaikan jalan dilakukan berdsasarkan kewenangannya, buka seperti jalan menuju ruas Tol Karawang Timur yang kewenangan Jasa Marga.

Bahkan bukan juga bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Cellica-Aep.

"Berkaitan dengan ruas jalan menuju Tol Karawang Timur, justru hal ini malah disebut oleh TAPD (Sekda) sebagai perwakilan dari Kepala Daerah, menjadi ruas jalan tanpa status, ironis menurut saya, karena dalam pembahasan APBD tidak bicara khusus tentang ruas jalan menuju tol Karawang Timur itu," imbuhnya.

Perbaikan sementara jalan rusak di Jalan Interchange Karawang Timur atau akses Gerbang Tol Karawang Timur, Rabu (6/4/2022).
Perbaikan sementara jalan rusak di Jalan Interchange Karawang Timur atau akses Gerbang Tol Karawang Timur, Rabu (6/4/2022). (Warta Kota/Muh Azzam)

Ia menjelaskan, dalam pembahasan APBD justru hanya bicara mengenai ruas jalan Desa/Kelurahan, Kecamatan dan kewenangan Kabupaten lainnya.

"Tapi kali ini APBD malah konsentrasi pada jalan-jalan bukan prioritas (Ruas jalan tol Karawang Timur)," ungkapnya.

Ia berpendapat bahwa, urusan ruas jalan Tol Karawang Timur jbisa diselesaikan dengan CSR perusahaan yang berada di zona industri, tidak lagi harus menguras APBD Karawang.

Baca juga: Berjiwa Melankolis, Ali Mochtar Ngabalin Menitikkan Air Mata saat Namanya Dicatut untuk Sumbangan

Apalagi sebetulnya Pemkab Karawang dapat berkomunikasi dengan intens dan baik dengan Jasa Marga untuk perbaikan jalan rusak di lokasi tersebut.

"Banyak ruas jalan poros desa, kecamatan yang rusak jalannya. Drainasenya buruk bahkan di pesisir terjadi abrasi, kenapa engga ini saja diprioritaskan untuk perbaikannya," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat segera melakukan perbaikan jalan rusak di Jalan Interchange Karawang Timur atau akses Gerbang Tol Karawang Timur.

Perbaikan jalan itu akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 4,5 miliar.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved