Ibu Kota Pindah

60 Ribu ASN dan Anggota TNI-Polri Bakal Pindah ke Ibu Kota Nusantara Mulai Awal 2024

Kementerian PANRB telah menyiapkan sekitar 60 ribu aparatur sipil negara (ASN) yang akan pindah ke IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Editor: Yaspen Martinus
Humas Setkab/Rahmat
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan pindah ke Ibu Kota Nusantara. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan pindah ke Ibu Kota Nusantara.

Kementerian PANRB telah menyiapkan sekitar 60 ribu aparatur sipil negara (ASN) yang akan pindah ke IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Hal itu disampaikan Tjahjo Kumolo saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Jokowi Larang Menteri Suarakan Tunda Pemilu 2024, Mardani Ali Sera: Agak Lucu

"Memasuki rencana Ibu Kota Negara baru, kami juga sudah mempersiapkan 60 ribu ASN dan anggota TNI/Polri yang kita harapkan awal 2024 sudah pindah," ungkap Tjahjo.

Tjahjo menambahkan, pemindahan ASN yang akan bertugas di Ibu Kota Baru akan dilakukan secara bertahap, dengan memperhatikan pembangunan infrastruktur di kawasan IKN.

"Nah, ini tergantung bagaimana infrastruktur perumahan dan infrastruktur transportasi dan berbagai hal yang berkait dengan sekolah buat anak-anak dan sebagainya," papar Tjahjo.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Lebaran Diprediksi Terjadi pada 29-30 April 2022, Arus Balik 8 Mei

Ia menambahkan, para persiapan perpindahan ASN juga dilalukan secara simultan dengan anggaran yang terbatas, terlebih dengan kondisi Covid-19 saat ini.

Tapi, ada hikmah dari Covid-19, sehingga para ASJlN bisa bekerja di kantor maupun di rumah.

"Sehingga kebutuhan ASN yang ada kemudian mulai tahun ini akan kita tingkatkan PPPK-nya, baik guru, perawat, termasuk bidan, ini akan bisa memenuhi harapan para keseluruhan," jelas Tjahjo. (Fransiskus Adhiyuda)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved