Berita Nasional

Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, Sandiaga Uno Bidik Sektor Parekraf Madura Raya Potensial

Silaturahmi dengan Kiai Madura Raya, Sandiaga Uno Ungkap Besarnya Potensi Parekraf Madura. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno bersilaturahmi dengan Kiai Madura Raya di Pondok Pesantren Al Amien Prenduan, Sumenep, Jawa Timur pada Jumat (1/4/2022) . 

WARTAKOTALIVE.COM, SUMENEP - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno melanjutkan kunjungan kerjanya di Pulau Madura, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur pada Jumat (1/4/2022).

Dirinya pun berkesempatan bersilaturahmi dengan Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Pimpinan Pondok Pesantren Al Amien Prenduan Ahmad Fauzi Tidjani serta Ketua Korpus BASSRA (Badan Silaturahmi Ulama Pesantren Madura), KH Muhammad Rofi'ie Baidhowi. 

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno meyakini besarnya potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Sumenep.

Satu di antaranya situs keraton dan Masjid Jamik Sumenep yang kini masih tegak berdiri, kendati sudah berusia ratusan tahun.

Menurutnya, sejumlah situs peninggalan sejarah tersebut mampu mendorong kebangkitan ekonomi serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

"Wisata andalannya ada di Gili Labak, wisata kesehatan di Gili Iyang, wisata pantai di Gili Genting, Pantai Lombang di Batang-Batang, dan Pantai Slopeng di Ambunten," ungkap Sandiaga Uno dalam Forum Diskusi Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Madura Raya di Pondok Pesantren Al Amien Prenduan, Sumenep, Jawa Timur, Jumat (1/4/2022) .

"Kita kembangkan potensi pariwisata tersebut dengan saran dari para Kyai, yaitu Islami, kedua Indonesiawi, ketiga Madurawi," tambahnya.

Guna mewujudkan hal tersebut, Sandiaga Uno memaparkan pihaknya memiliki sejumlah program yang bisa dikolaborasikan dengan seluruh stakeholder.

Di antaranya, program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) dan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

"Saya tahu orang Sumenep dan Madura Raya ini kreatif, Imajinatif dan solutif. Kemudian ini  dapat dikolaborasikan untuk mendukung pemulihan ekonomi Madura Raya pasca pandemi," ujarnya.

Baca juga: Meriahnya Festival Kuliner 1001 Disebut Sandiaga Uno Jadi Bukti Kebangkitan Ekonomi di Bangkalan

Baca juga: Bangkitkan Ekonomi-Buka Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Dukung Pengembangan Wisata Halal di Bangkalan

Dari sisi ekonomi kreatif, lanjutnya, sektor ekonomi kreatif Madura dinilai memiliki daya saing, seperti batik Madura yang memiliki motif dan corak yang khas.

"Batik Madura ini luar biasa, motif dan coraknya dan terakhir minuman peningkat stamina Bariklana sehingga bisa menembus pasar. Saya ingin Madura Raya ini di rebranding, tidak ada masalah Madura dikenal dengan penghasil garam," ungkap Sandiaga Uno.

"Namun saya ingin rebranding madura ini sebagai Pulau Kreatif. Pulau yang menumbuh kembangan masyarakat yang mandiri, sejahtera, adil dan makmur," katanya.

"Saya ingin ini mencerminkan kemandirian semangat entrepreneurship. Misal batik di 4 Kabupaten yang ada di Pulau Madura bisa dikemas dan bisa didorong untuk menjadi produk unggulan yang naik kelas," ujarnya berharap.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved