Ramadan

Selama Ramadan, Pemkot Tangerang Batasi Waktu Vaksinasi Covid-19 karena Keterbatasan Nakes

Bagi warga yang ingin vaksinasi Covid-19 saat bulan puasa tampaknya akan kesulitan, sebab jam operasional sangat dibatasi.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Rizki Amana
ILustrasi - Kegiatan vaksinasi Covid-19 selama bulan puasa di Kota Tangerang akan dibatasi waktunya, hanya tiga jam yakni jam 07.00 hingga 10.00. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang terus menggencarkan capaian vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat.

Terlebih, Pemkot Tangerang kini tengah menggencarkan vaksinasi Covid-19 tahap ketiga atau booster, yang merupakan syarat untuk mudik bagi masyarakat.

Baca juga: Waspada Bagi yang Suka Ngebut di Jalan Tol, Lebih dari 100 Km/jam Kena Tilang ETLE

Namun demikian, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut akan berbeda dengan sebelumnya pada bulan Ramadan tahun 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni mengatakan, gelaran vaksinasi nantinya akan dilaksanakan hanya dalam waktu tiga jam.

Yakni dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

"Dinas Kesehatan Kota Tangerang akan tetap menggelar Vaksinasi Covid-19 selama bulan Ramadhan 2022 nanti, tapi hanya waktunya saja yang berubah dari biasanya," ujar dr. Dini Anggraeni, Rabu (30/3/2022).

Baca juga: Politisi Demokrat Sebut Pengadaan Baju Dinas Rp 1,7 Miliar Sudah Sesuai Aturan

"Jadi nanti kita lakukan lebih pagi gelaran vaksinasi Covid-19 ini, yang biasanya dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB, jadi nanti mulainya jadi pukul 07.00 WIB dan hanya sampai pukul 10.00 WIB saja," papar Dini.

Perubahan jadwal vaksinasi Covid-19 selama bulan Ramadan 2022 tersebut dilakukan, lantaran jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang terbatas.

Selain itu, dipersingkatnya durasi pelaksanaan vaksinasi karena menyesuaikan situasi nakes yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dalam situasi menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: Jelang Ramadan, Pemkab Bekasi Bersama TNI/Polri Bongkar Bangunan Liar di Pasar Induk Cibitung

"Kita lakukan persingkatan durasi pelaksnaan vaksinasi itu ya karena melihat kondisi selama bulan puasa ya, katerena penggunaan APD bagin nakes itu juga cukup menguras tenaga," kata dia.

"Di lain sisi, jumlah nakes kita juga terbatas kan, makanya kita lakukan beberapa penyesuaian," sambungnya.

Nantinya selama bulan Ramadhan 2022, masyarakat dapat menjalani Vaksinasi Covid-19 pada gerai-gerai yang tersebar di seluruh wilayah Kota Tangerang.

Menurutnya, pembukaan gerai di tingkat wilayah tersebut dilakukan untuk memudahkan masyarakat yang ingin menjalani Vaksinasi Covid-19, sesuai dengan tempat tinggalnya masing-masing.

Baca juga: Pemkot Jakarta Utara Berbenah untuk Meraih Prestasi Sebagai Kota Layak Anak

"Nanti selama bulan puasa, kita tetap membuka gerai Vaksinasi Covid-19 di puskesmas atau gerai yang ada wilayah kecamatan dan kelurahan," ucapnya.

"Meski demikian, kita tidak menutup kemungkinan akan buka sentra-sentra vaksinasi di tempat umum, seperti di Tangicity Mall, yang sebelumnya pernah kita lakukan," tutup dr. Dini Anggraeni.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved