Pembelajaran Tatap Muka

Pemprov DKI tak Mau Gegabah Gelar PTM 100 Persen Mulai 1 April, Khawatir Pandemi Bangkit

Wagub DKI Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya masuih mengkaji mendalam aturan PTM 100 persen, sebab pandemi belum beres.

Warta Kota/ Junianto Hamonangan
Ilustrasi PTM 100 persen - Pemprov DKI tak mau gegabah menggelar PTM secara penuh, mengingat dampaknya yang besar. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - DPRD DKI Jakarta menyebut akan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen mulai 1 April 2022.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan bahwa PTM 100 persen pada 1 April baru sebatas usulan.

Baca juga: Polres Metro Jakbar Belum Dapat Hasil Assesment Musisi Fauzan Lubis dari BNNP DKI

"Jadi, PTM ini belum diputuskan, segera akan diputuskan. Ada yang mengusulkan memang 1 April. Nanti kita akan segera putuskan dalam beberapa hari ini," ucap Ariza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022) malam.

Kendati demikian, orang nomor dua di Ibu Kota ini memastikan Jakarta segera akan menerapkan PTM 100 persen.

Hal tersebut dikarenakan, level PPKM di Jakarta sudah memungkinkan menggelar PTM 100 persen.

Diketahui sebelumnya, Ketua Komisi E DPRD Jakarta Fraksi Gerindra, Iman Satria setelah pada Senin (28/3/2022) kemarin, Komisi E DPRD DKI dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta melakukan rapat.

Baca juga: Pencuri Sepeda Lipat dan Kotak Amal di Tanjung Duren Terekam CCTV, Pelaku Bawa Ransel Besar

Iman mendukung rencana penerapan PTM 100 persen pada 1 April 2022 mendatang. Namun kebijakan ini, hendaknya tidak diberlaku bagi jenjang PAUD.

"Jadi, jenjang PAUD itu dibikin ganti-gantian, bukan ditutup 100 persen di rumah. Sedangkan jenjang lainnya kayak SD sampai SMA boleh 100 persen," ujar Iman.

Menurutnya, PTM di sekolah sebetulnya telah berlaku sejak beberapa bulan lalu. Namun pelajar yang mengikuti PTM sempat dikurangi karena mencuatnya kasus Covid-19 varian Omicron.

Baca juga: Pembelaan Wagub Ariza Soal Penjualan Tiket Formula E: Jakpro Tunggu Waktu yang Tepat

Lantaran kasus Covid-19 diklaim mulai terkendali, pemerintah daerah berencana membuka kembali PTM. Hal ini juga mengacu pada surat keputusan bersama (SKB) empat menteri, yakni Menteri Kesehatan; Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi; Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri yang diteken pada Desember 2021 lalu.

"Sebenarnya mereka sudah mulai (PTM 100 persen). Dari Maret dia udah terapkan, tapi resminya 1 April ini resmi di terapkan 100 persen benar-benar gitu loh," jelas dia.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved