Komunitas

Hari Film Nasional 2022, Organisasi Perfilman Jadikan Gedung PPHUI Sebagai Pagar Budaya Perfilman

Gedung pusat perfilman ini, sebagai pusat aktivitas semua kegiatan perfilman nasional atau sebagai epicentrum kegiatan perfilman di Indonenesia.

Istimewa
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Seksi Film dan Musik memeriahkan Hari Film Nasional (HFN) 2022, yang digelar selama tiga hari sejak 28 – 30 Maret 2022, di Gedung Pusat Perfilman H. Usmar Ismail (PPHUI) Jalan Haji R Rasuna Said, Setia Budi, Jakarta Selatan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Momentum Hari Film Nasional (HFN) 2022, berbagai organisasi perfilman sepakat ingin menjadikan Gedung Pusat Perfilman H. Usmar Ismail (PPHUI) yang berlokasi di Jalan Haji R Rasuna Said, Setia Budi, Jakarta Selatan, sebagai pagar budaya terhadap perfilman nasional.

Kesepakatan itu, datang dari organisasi perfilman yang berkantor di Gedung PPHUI, seperti Yayasan PPHUI, Persatuan Produser Film Indonesia (PPFI), Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi), Sinematek (Perpustakaan film dan fotografi), Sekretariat Nasional Kine Klub Indonesia (Senakki), Persatuan Karyawan Film dan Televisi (KFT), PWI Seksi Film dan Musik, serta organisasi yang di luar Gedung PPHUI, yakni Lembaga Sensor Film (LSF), dan Produksi Perfilman Nasional (PFN).

"Kami ingin merajut semua organisasi perfilman yang ada, agar gedung pusat perfilman ini (PPHUI) benar-benar sebagai pusat aktivitas semua kegiatan perfilman nasional atau sebagai epicentrum kegiatan perfilman di Indonesia," kata  ujar H. Sonny Pudjisasono, Ketua Pelaksana HFN 2022 melalui siaran persnya di Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Menurut Sonny, berbagai hal ikut mempengaruhi perkembangan perfilman nasional, ditambah dengan hajatan besar  G20, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Suka atau tidak suka, Indonesia akan menjadi ajang bagi seluruh kebudayaan dari negara para anggota G20.

"Kalau kita tidak memfilter atau minimal tidak ada banding, maka identitas budaya kita akan meredup dan hilang," kata Sonny.

“Oleh karena itu, saya ingin menjadikan Gedung Perfilman menjaga marwah itu. Ini sejalan dengan apa yang kita perjuangkan selama tiga tahun sebelumnya,  untuk gelar Bapak Perfilman Indonesia Usmar Ismail menjadi pahlawan nasional pada 2021 lalu," sambungnya.

Melengkapi gelar pahlawan tersebut, panitia HFN 2022 juga menggagas pembangunan situs Peringatan Hari Film Nasional.

Pelaksanaan peletakan batu pertamanya di halaman Gedung PPHUI, pada 30 Maret 2022,  pukul 13.00 WIB, dan sekaligus bertepatan Hari Film Nasional.

Sonny mengatakan, pembangunan situs ini dimaksudkan sebagai pengingat bagi generasi muda, para sineas muda dan kaum milenial, agar tidak kehilangan jati dirinya bahwa mereka adalah kelanjutan dari apa yang dilakukan para sineas sebelumnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved