Komunitas

Sambut Ramadan, Seniman Kota Tangerang Meriahkan 'Lomba Mural Berakhlak'

Kegiatan ini memberi ruang kebebasan berekspresi bagi generasi muda dan para seniman mural di Kota Tangerang.

Warta Kota/M Nur Ichsan Arief
Para seniman dan pemuda Kota Tangerang mengikuti kegiatan bertajuk "Lomba Mural Berakhlak", yang digelar pihak kelurahan setempat bekerjasama dengan Yayasan Erick Thohir di kawasan Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Minggu (27/3/2022). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, M Nur Ichsan Arief

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Sejumlah Seniman di Kota Tangerang, Banten, punya cara sendiri dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1443   Hijriah.

Mereka membuat karya seni mural yang sarat dengan pesan moral dan sosial bernuansa Islami di kawasan Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, Minggu (27/3/2022).

Baca juga: Pasar Muda Minggu Sore Malam, Ajang Kumpul Anak Gaul Tangerang Raya

Aksi unjuk kreativitas seni mural ini, mereka tuangkan dalami "Lomba Mural Berakhlak", yang digelar pihak kelurahan setempat bekerjasama dengan Yayasan Erick Thohir.

Lomba tersebut digelar dalam upaya memberi ruang kebebasan berekspresi bagi generasi muda dan para seniman mural di Kota Tangerang.

Para seniman dan pemuda Kota Tangerang mengikuti kegiatan bertajuk
Para seniman dan pemuda Kota Tangerang mengikuti kegiatan bertajuk "Lomba Mural Berakhlak", yang digelar pihak kelurahan setempat bekerjasama dengan Yayasan Erick Thohir di kawasan Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, Minggu (27/3/2022). (Warta Kota/M Nur Ichsan Arief)

Kegiatan ini, diibaratkan sebagai oase di tengah gurun, yang langsung mendapat sambutan  antusias dari para peserta.

"Saya mendukung kegiatan ini yang memberikan kesempatan pada pemuda dan seniman untuk berkarya dan berkreativitas," kata Herman, salah seorang peserta.

Lurah Pasir Jaya, Ardi Irawan mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 20 tim dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari para peserta.

Para seniman dan pemuda Kota Tangerang mengikuti kegiatan bertajuk
Para seniman dan pemuda Kota Tangerang mengikuti kegiatan bertajuk "Lomba Mural Berakhlak", yang digelar pihak kelurahan setempat bekerjasama dengan Yayasan Erick Thohir di kawasan Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Minggu (27/3/2022) (Warta Kota/M Nur Ichsan Arief)

"Melalui karya yang mereka tampilkan, diharapkan dapat memacu kreativitas para seniman, khususnya para pemuda dalam menyalurkan bakat dan seni melukis dinding bertema ramadan melalui seni lukis mural," katanya.

Baca juga: Komunitas Muda Mudi Minangkabau Gelar Festival Budaya Minang Baralek Gadang 2022

 Sementara itu, menurut Miftahul Adib, salah satu juri lomba mural, kegiatan lomba seni moral dengan memanfaatkan momentum menyambut ramadan ini, perlu diapresiasi.

Pasalnya, acara limba mural ini banyak diikuti peserta. 

Para seniman dan pemuda di Kota Tangerang mengikuti kegiatan
Para seniman dan pemuda di Kota Tangerang mengikuti kegiatan "Lomba Mural Berakhlak", di kawasan Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Minggu (27/3/2022). (Warta Kota/M Nur Ichsan Arief)

Gelaran ini juga, menjadi wadah untuk menyampaikan pesan pada publik, maupun pemerintah, yang ada di tengah masyarakat.

Karena, kegiatan kreativitas seperti ini, perlu terus digelorakan.

"Memang harus diakui bahwa kegiatan melukis dinding ini, salah satunya bisa mencegah aksi vandalisme (corat-coret) yang dapat merusak lingkungan dan membuat kumuh suasana," ujar Miftahul Adib.  (san)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved