MotoGP Mandalika

Biaya Penginapan dan Trasnportasi Mahal, Asosiasi Perhotelan Mandalika Tengah Harapkan Cross Selling

Harga penginapan mahal dan akomodasi transportasi tidak lancar saat hari race day ditanggapi Sekjen Asosiasi Perhotelan Mandalika Tengah, Rata Wijaya.

Wartakotalive.com/Rafsanjani Simanjorang
Harga penginapan mahal dan akomodasi transportasi tidak lancar saat hari race day ditanggapi Sekjen Asosiasi Perhotelan Mandalika Tengah, Rata Wijaya. 

WARTAKOTALIVE.COM - Ajang MotoGP Mandalika berakhir sukses meski ada berbagai masukan para penonton.

Namun banyak masukan tak menyenangkan dari masyarakat, seperti harga penginapan melambung tinggi, hingga akomodasi transportasi di Mandalika yang tidak lancar saat hari race day.

Sekjen Asosiasi Perhotelan Mandalika Tengah (MHA), Rata Wijaya (34) angkat bicara, menjawab masukan-masukan tersebut.

Ia menyebut kolaborasi penting untuk dilakukan di perhelatan MotoGP 2023 mendatang.

"Perlu melakukan cross selling, bundling paket hotel, transportasi, pariwisata, produk UMKM, dan oleh-olehnya dalam satu paket," ujarnya kepada Warta Kota, Jumat (25/3/2022).

Ia mencontohkan, paket menonton MotoGP dapat digabung dengan paket wisata ke salah satu tempat yang belum tersentuh, atau ke perhotelan lain.

Dengan keterbasatan yang ada, Rata yakin keluhan yang dialami wisatawan bisa teratasi dengan cross selling, apalagi dengan mengaktifkan bandara lama atau speed boat.

"Kalau kemarin, evaluasi jualan pisah-pisah, baik tiket, hotel, dan tidak terjadi sinkronisasi harga dan rentan terhadap mafia harga," katanya.

Belajar dari tingginya harga akomodasi di Lombok saat pergelaran MotoGP, Rata tak menapik, sebagai pengusaha akomodasi, pihaknya kerap mendapat bullying.

Padahal, harga yang mereka jual hanya interval Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000.

Namun, karena adanya campur tangan para agen, bahkan korporasi lainnya, terjadi kenaikan harga.

"Itu fakta di lapangan yang terjadi, sampai kemarin keluar Peraturan Gubernur," ucapnya.

Agar kejadian serupa tak terjadi, dan pengunjung tidak jera datang menonton MotoGP ke Lombok, Rata berharap Up Selling jadi jalan keluar mengatasi permasalahan akomodasi di pergelaran MotoGP, Minggu lalu.

(Wartakotalive.com/RAF)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved