Otomotif

Goodyear Indonesia Rilis Ban Radial Terbaru S501 untuk Truk Ringan, Diklaim Punya Ketahanan Tinggi

PT Goodyear Indonesia Tbk merilis seri ban Goodyear S501 untuk segmen truk ringan. Ban berjenis light truck radial ini memiliki ketahanan tinggi.

Tangkapan layar Wartakotalive.com/ Mochammad Dipa
Ban Goodyear S501. 

WARTAKOTALIVE.COM - Produsen ban PT Goodyear Indonesia Tbk merilis seri ban terbaru untuk segmen truk ringan, yaitu Goodyear S501. Ban berjenis LTR (light truck radial) ini diklaim memiliki ketahanan tinggi serta masa pakai yang lama, cocok untuk segala medan di Indonesia.

Commercial Director Goodyear Indonesia Iman Santoso mengatakan, kehadiran ban Goodyear S501 juga mendukung percepatan industrialisasi nasional sekaligus mendukung pemerintah memberantas truk ODOL (over dimesion over loading).

"Ban ini bukan tidak bisa menopang beban berlebih, tapi direkomendasikan digunakan sesuai spek. Kalau muatan berlebih kami sudah uji coba dan bisa menampung beban overload hingga 80 persen. Tapi disarankan digunakan sesuai ketentuan" kata Iman Santoso dalam konferensi pers virtual peluncuran ban Goodyear S501, Kamis (17/3/2022).

Iman menambahkan, kehadiran ban Goodyear S501 ini merupakan respon cepat dari Goodyear terhadap tantangan ban radial di industri logistik dan transportasi yang akan menggeser pemakaian ban bias.

Commercial Director Goodyear Indonesia Iman Santoso saat konferensi pers virtual peluncuran ban Goodyear S501.
Commercial Director Goodyear Indonesia Iman Santoso saat konferensi pers virtual peluncuran ban Goodyear S501. (Tangkapan layar Wartakotalive.com/ Mochammad Dipa)

"Setidaknya dalam lima tahun ke depan, ban radial akan menggeser pemakaian ban bias dengan rasio 60:40," ujar Iman.

Sementara, Commercial Product Manager PT Goodyear Indonesia Nova Siregar mengungkapkan sejumlah keunggulan dari ban Goodyear S501.

Pertama, ban ini memiliki desain pola telapak 4-rusuk yang meningkatkan kestabilan pada bagian telapak dan performa pengendalian.

Keunggulan kedua, ban ini memiliki telapak dengan kandungan karet yang tinggi dan alur lebih dalam. Sehingga meningkatkan daya tahan pada bagian telapak dan memberikan jarak tempuh yang yang optimal.

Commercial Product Manager PT Goodyear Indonesia Nova Siregar mengungkapkan sejumlah keunggulan dari ban Goodyear S501 saat konferensi pers virtual ban Goodyear S501, Kamis (17/3/2022).
Commercial Product Manager PT Goodyear Indonesia Nova Siregar mengungkapkan sejumlah keunggulan dari ban Goodyear S501 saat konferensi pers virtual ban Goodyear S501, Kamis (17/3/2022). (Tangkapan layar Wartakotalive.com/ Mochammad Dipa)

“Ban ini cocok untuk pemakaian dengan beban muat lebih banyak dan jarak tempuh lebih jauh di Indonesia seperti angkutan air bersih, kargo umum, hingga batu pasir,” ungkap Nova.

Kemudian, keunggulan ketiga dari ban Goodyear S501 adalah alur telapak yang dirancang secara khusus untuk meningkatkan kemampuan pelepasan batu untuk memperpanjang masa pakai telapak.

Terakhir, keunggulan keempat ban Goodyear S501 yaitu desain bahu pada ban ini lebih tegak, dimana penampang ban (footprint) lebih lebar sehingga tingkat keausan lebih merata.

"Hasil tes rata-rata tingkat keausan yang kami lakukan sepanjang tahun 2020 hingga 2021 menunjukkan performa Goodyear S501 mengungguli mayoritas kompetitor Goodyear di pasar truk Indonesia," ucap Nova.

Goodyear S501 tersedia di lebih dari 100 distributor dengan ratusan jaringan ritel dan bengkel. Saat ini, ban tersebut tersedia dalam dua ukuran yakni S501 7.50R16 14 PR dan S501 8.25R16 14PR dengan harga mulai Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta. (dip)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved