Ratusan Warga Cirebon Atusias Ikuti Pengabdian Masyarakat BP3IP

Sepanjang tahun 2022 ini, beberapa tema yang diangkat antara lain pembangunan sumber daya manusia dan daya saing bangsa, dan pengembangan kesehatan, g

Editor: Ahmad Sabran
Istimewa
Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP), Kementerian Perhubungan menggelar kegiatan pengabdian kepada ratusan masyarakat di Cirebon, Jawa Barat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia, Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP), Kementerian Perhubungan menggelar kegiatan pengabdian kepada ratusan masyarakat di Cirebon, Jawa Barat.

Diantaranya terhadap para nelayan dan siswa dan siswi SMK Pelayaran Buana Bahari Cirebon

Direktur BP3IP, Ahmad menjelaskan bahwa pihaknya memiliki salah satu tugas pokok dan fungsi melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Sepanjang tahun 2022 ini, beberapa tema yang diangkat antara lain pembangunan sumber daya manusia dan daya saing bangsa, dan pengembangan kesehatan, gizi, dan obat-obatan.

BP3IP di Cirebon Jawa Barat menggelar kegiatan pengabdian masyarakat yang dipimpin oleh Kepala Seksi Sumber Daya Manusia BP3IP, Darwis.

Baca juga: Minyak Goreng Langka, Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Kunjungi Produsen di Tanjung Priok

Kegiatan ini dibagi menjadi dua acara, yaitu penyuluhan kepada para nelayan dan pemberian bimbingan kepada para pelajar di SMK Pelayaran Buana Bahari.

"Kami bersyukur pada kegiatan pertama dikuti sangat antusias oleh sekitar 100 anggota Rukun Nelayan Pesisir Kota Cirebon. Di acara tersebut kami memberikan penyuluhan keselamatan pelayaran dilanjutkan dengan pembagian life jacket.

Dalam kegiatan ini, hadir perwakilan KSOP Kelas II Cirebon sebagai narasumber dan para instruktur madya, muda, dan pertama selaku penyuluh dari BP3IP yang akan menyampaikan materi terkait keselamatan pelayaran," kata Ahmad.

Baca juga: Pemprov DKI Wajibkan Produsen Penuhi 350 ribu Liter Minyak Goreng Murah per Bulan

Ia menambahkan dengan adanya rangkaian kegiatan pengabdian di rukun nelayan pesisir kota Cirebon ini, diharapkan para nelayan mendapat ilmu dan selanjutnya dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing, khususnya dibidang transportasi laut.

Sedangkan pada kegiatan kedua, kata Ahmad, BP3IP bermitra dengan SMK Pelayaran Buana Bahari Cirebon akan melaksanakan salah satu rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yaitu Bimbingan Keahlian Pelaut dan Pola Karirnya untuk para taruna dan taruni Kelas 2 Semester 3 pada SMK Pelayaran Buana Bahari Cirebon.

"Dalam kegiatan yang diikuti oleh 50 siswa dan siswi SMK Pelayaran Buana Bahari, para instruktur madya, muda, dan pertama memberikan sumbang sih dalam bentuk pemberian bimbingan pada para siswa dari jurusan Nautika dan Teknika melalui kegiatan pembelajaran kompetensi keahlian pelaut serta pola karirnya. 

Ahmad juga berharap dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa dan siswi mampu mendapatkan pengayaan dalam persiapan menghadapi ujian keahlian pelaut sebelum mereka melakukan prala, dan selanjutnya mendapatkan pengetahuan dalam pengembangan karir mereka sebagai pelaut melalui sosialisasi program-program pendidikan dan pelatihan yang ada di BP3IP. 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved