Komunitas

Pimpin Perguruan Pencak Silat Beksi, Ketua Kadin Jaksel Dorong Pembinaan dan Pelestarian Silat Beksi

Amanah baru kembali diemban oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jakarta Selatan, Akhmad Lafranta Siregar.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Ign Agung Nugroho
Dokumentasi PPS Beksi
Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jakarta Selatan, Akhmad Lafranta Siregar, saat mendemonstrasikan silat Betawi Beksi. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Ramadhan L Q

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Amanah baru kembali diemban oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jakarta Selatan, Akhmad Lafranta Siregar.

Kini ia didapuk  menjadi Ketua Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi, usai lima tokoh guru besar Beksi bertemu dan berkumpul di RPTRA Petukangan Utara, Jakarta Selatan pada Minggu (13/3/2022).

Akhmad Lafranta Siregar yang akrab disapa Affan itu, mengatakan bahwa silat adalah bagian budaya masyarakat Indonesia yang wajib dilestarikan dan sudah diakui dunia.

Salah satu aliran silat yang cukup diminati masyarakat Betawi adalah Beksi. Aliran silat ini sudah ada turun temurun dan berkembang di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Untuk itu, ia mengaku masyarakat adalah bagian penting sinergitas program yang harus diperhatikan, terutama masalah budaya yang dimiliki masyarakat turun temurun.

"Beksi adalah aliran silat yang cukup diperhitungkan dan punya peranan penting bagi masyarakat Betawi yang perlu di optimalkan dan dikembangkan lagi kedepannya," kata Affan, dalam keterangan pers,  Senin (14/3/2022).

Dalam acara silaturahmi sekaligus pengukuhan dirinya memimpin PPS Beksi Petukangan Jakarta Selatan, Affan mengatakan, amanah itu menjadi satu berkah bagi diri dan keluarganya.

Karena, ia dapat belajar silat langsung dari guru-guru PPS Beksi. Affan memandang silat beksi tidak semata berisikan seni bela diri, tapi juga penuh akan makna.

"Silat Beksi bukan hanya bermanfaat untuk bela diri, atau untuk olahraga dan kesehatan, tapi ini juga bagian dari bagaimana kita melestarikan budaya,” ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved