Komunitas

Komunitas Cinta Berkain Indonesia Terus Kembangkan Rasa Cinta Budaya Busana Berkain Nusantara

Komunitas Cinta Berkain Indonesia Terus Kembangkan Rasa Cinta Budaya Busana Berkain Nusantara

Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) menggelar acara syukuran ulang tahun ke-8 KCBI di Omah Pawon, Cilandak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (9/3/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Memperingati hari ulang tahun ke - 8, Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) akan terus mengembangkan rasa cinta budaya busana berkain nusantara kepada masyarakat luas. Terlebih lagi, bagi para insan generasi penerus bangsa Indonesia

"Karena ini sebagai jati diri bangsa agar tidak mudah luntur walau di era milenial ini gencar diterjang dengan masuknya budaya asing," kata Sita Hanimustuty Agustansil, Ketua Umum KCBI di acara syukuran ulang tahun ke- 8 KCBI di Omah Pawon, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (9/3/2022).

KCBI berdiri pada 9 Maret 2014 di Jakarta. 

KCBI adalah komunitas sosial budaya yang mewadahi masyarakat Indonesia yang ingin menghidupkan kembali budaya busana tradisional warisan leluhur.

Hal yang dilakukan melalui pembiasaan penggunaan dalam keseharian  yang terlihat anggun, rapih, dan mudah digunakan. 

Menurut Sita Hanimustuty, KCB hadir dengan visi untuk memperkuat jati diri perempuan Indonesia dan mendorong peningkatan citra bangsa di mata dunia melalui budaya busana berkain atau sarung nusantara.

"Misi kami mensosialisasikan busana berkain atau sarung nusantara menjadi busana keseharian perempuan Indonesia, penuh kesantunan, sederhana, menarik dan nyaman memakainya," katanya.

Cucu mendiang Haji Agus Salim, salah satu Pahlawan Nasional Indonesia itu menjelaskan, ada tiga tujuan dari kegiatan KCBI selama ini.

Pertama, peduli pada pelestarian budaya bangsa khususnya dalam cara berbusana warisan leluhur kita di Nusantara.

Caranya adalah berkain atau bersarung dalam keseharian secara santun dan sarat akan nilai pendidikan etika yang tinggi. 

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved