Jadi Ujung Tombak Pembangunan SDM, Wali Kota Tangerang Minta Guru Tingkatkan Profesionalismenya

Sebagai ujung tombak pembangunan SDM, Wali Kota Tangerang minta guru harus bisa meningkatkan profesionalismenya.

Humas Kota Tangerang
Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah meminta guru harus bisa meningkatkan profesionalismenya untuk mewujudkan pelajar yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah membuka kegiatan Sosialisasi Penyusunan Soal Ujian Sekolah Jenjang SD se-Kota Tangerang.

Acara ini diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Tangerang bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Banten secara daring, Selasa (8/3/2022).

Arief menuturkan, bahwa peranan guru dalam pembangunan sangat strategis. Sebagai ujung tombak pembangunan SDM (sumber daya manusia) guna mewujudkan profil pelajar Pancasila.

"Guru sebagai ujung tombak pembangunan SDM harus bisa meningkatkan profesionalismenya untuk mewujudkan pelajar yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," ujar Arief.

Lebih lanjut, Arief mengemukakan, bahwa guru harus bisa menguasai teknik evaluasi. Karena proses evaluasi dalam kegiatan pendidikan menjadi alat ukur yang bertujuan memperlihatkan tingkat pencapaian peserta didik atas bahan ajar yang telah disampaikan oleh guru secara akurat.

"Guru harus mampu menguasai teknik evaluasi dengan membuat soal yang dapat menstimulus kreatifitas siswa untuk berpikir kritis, kreatif dan inovatif serta menguasai teknik penilaian yang benar," ungkap Arief.

Arief juga menjelaskan terkait pelaksanaan PTM terbatas yang baru diterapkan kembali di Kota Tangerang seiring dengan kondisi pandemi yang telah mereda dan mengajak para peserta untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

"Saat ini, Alhamdulillah Kota Tangerang sudah melakukan PTM terbatas dan bertahap. Mari kita tetap disiplin prokes agar PTM kembali normal," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin menyampaikan harapan dari berlangsungnya acara ini.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini, bapak ibu guru dapat membuat soal secara maksimal dan berkualitas guna membangun pendidikan yang bermutu dan berdaya saing," papar Jamaluddin. 

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 8-11 Maret 2022 secara daring dengan menghadirkan DELAPAN narasumber yang berasal dari LPMP Banten. Dihadiri oleh kurang lebih 600 guru perwakilan SD se-Kota Tangerang serta 45 guru koordinator sebagai tutor sejawat. (adv)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved