Berita Karawang

Kasus Dugaan Korupsi Jembatan Sirnaruju Disetop, Kejari Karawang Beralasan Uang Sudah Dikembalikan

Menurut Danie, selain kerugian negara yang sudah dikembalikan, penyidik juga mempertimbangkan manfaat pembangunan jembatan Sirnaruju

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota/Muhammad Azzam
Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Karawang, Danie 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG----- Kasus dugaan korupsi Jembatan Sirnaruju di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang dihentikan Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang.

Hal itu diutarakan Kepala Kejari Karawang, Martha Parulina Berliana melalui Kepala Seksi Pidana Khusus, Danie, Senin (7/3/2022).

Dijelaskannya, untuk alasan pemberhentian karena aspek pemanfaatan pembangunan jembatan dinilai lebih besar ketimbang kerugian negara.

Baca juga: Dicuri Sebulan Lalu, Polres Karawang Serahkan Motor Milik Warga Jatisari, Anwarudin: Alhamdulillah

Namun penyidik kejaksaan meminta pihak ketiga mengembalikan kerugian negara dari kelebihan pembayaran sebesar Rp 86 juta.

"Kerugian negara sebesar Rp 86 juta sudah dikembalikan Jumat (4/3/22) kemarin. Berdasarkan fakta-fakta yang kami dapat dari keterangan sejumlah orang,  termasuk saksi ahli dan juga dokumen yang ada,maka penyelidikan kami hentikan," ungkapnya.

Menurutnya, berdasarkan hasil penyelidikan pembangunan jembatan Sirnaruju tahun 2017 dan 2019 ditemukan aspek administrasi yang mengarah kepada kekurangan dokumen yang harus dilengkapi oleh pelaksana kegiatan.

Sedangkan dalam aspek teknis yaitu adanya selisih volume atau kelebihan pembayaran Rp 86 juta.

"Penyelidikan kami hentikan namun kelebihan pembayaran harus dikembalikan. Jumat kemarin sudah dikembalikan," katanya.

Baca juga: Diperiksa Polisi, Mayang Adik Mendiang Vanessa Angel Diberondong 22 Pertanyaan

Menurut Danie, selain kerugian negara yang sudah dikembalikan, penyidik juga mempertimbangkan manfaat pembangunan jembatan Sirnaruju bagi masyarakat.

Sebab, jembatan yang dibangun tahun 2017 dan 2019 untuk akses pembangunan jalan lingkar menuju lokasi wisata.

"Ternyata pembangunan jembatan itu tahapan dari proyek pembangunan jalan lingkar menuju tempat wisata. Pembangunan belum selesai karena terkendala anggaran," katanya.

Meski proses penyelidikan sudah dihentikan, namun kejaksaan tidak menutup kemungkinan kasusnya dibuka kembali jika ditemukan bukti-bukti baru.

Baca juga: Realisasi Pembangunan Pelabuhan Ikan Besar, Dinas Perikanan Karawang: Sudah Diajukan Sejak Lama

Diberitakan sebelumnya, pembangunan jembatan di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang ramai menjadi perbincangan publik.

Bahkan viral video satire Jembatan Sirnaruju di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang yang diunggah di TikTok oleh akun @awonk_uha jadi perbincangan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved