Berita Video

Begini Cara yang Tepat Memanfaatkan Teknologi untuk Mendukung Kecerdasan Anak

Orang Tua tak perlu menjadi pakar teknologi untuk mendidik anak di era digital ini. Simak selengkapnya dalam berita ini.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Mendidik anak di zaman milenial rasanya lebih sulit dibandingkan pola asuh yang diterapkan orangtua zaman dulu. Pasalnya, anak-anak kini tumbuh dengan kecanggihan teknologi yang memudahkan akses informasi kapan pun dan dimana pun.

Nah, disinilah peran orangtua sangat dibutuhkan untuk membentengi anak dari pengaruh negatif teknologi, meskipun ada banyak pula manfaat yang dapat diperoleh.

Orang Tua tak perlu menjadi pakar teknologi untuk mendidik anak di era digital ini. Menurut Psikolog Aully Grasinta, seorang pakar psikolog, menjelaskan bahwa yang dibutuhkan anak-anak ketika mereka tumbuh adalah kehadiran orangtua untuk senantiasa mendampingi serta memonitor apa yang mereka lakukan.

Lalu Apa saja yang harus dilakukan orangtua dalam mendidik anak di era digital?

Berikut uraiannya :

1. Komunikasi dua arah

Dibutuhkan komunikasi dua arah dalam mendidik anak-anak pada masa kini, artinya, orangtua tidak hanya sekedar melarang atau memberi instruksi kepada anak saja, tetapi juga bersikap sebagai pendengar yang baik dan memberikan solusi atas segala permasalahan yang dihadapi anak.

Komunikasikan secara terbuka hal-hal apa saja yang belum pantas dilakukan atau dilihat anak.

Misalnya, menjelaskan mengapa orangtua melarang anak menonton video atau tayangan dengan konten orang dewasa. Jelaskan pula aturan yang bijak dalam menggunakan gadget.

Komunikasi terbuka antara orangtua dan anak terbukti efektif membentengi anak dari pengaruh negatif pemakaian gadget.

2. Perhatikan Bakat Anak & Kembangkan

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kecanggihan teknologi. Melalui gadget dan internet, proses belajar anak menjadi lebih variatif dan menyenangkan.

Manfaatkan teknologi untuk mengembangkan bakat anak. Misalnya, jika anak memiliki bakat memasak, menjahit atau menari, Orang tua bisa mencarikan atau memutar video tutorial yang bisa ditiru dan menjadi inspirasi bagi anak.

Pada anak usia sekolah, ajak juga dia untuk berkreasi membuat dan mengedit video yang kemudian diunggah ke akun sosial media. Dengan begitu, teknologi menjadi alat untuk mengembangkan kreativitas dan bakat anak, tentu saja dengan bimbingan orangtua.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved