Pratama Arhan Gabung Tokyo Verdy

Lepas Menuju ke Tokyo Verdy, Iriawan Berharap Pratama Arhan Bisa Menyerap Ilmu Sepak Bola di Jepang

Pratama Arhan akan berangkat menuju Tokyo, Jepang, untuk berkarier di klub liga 2 Jepang, Tokyo Verdy, Jumat (4/3/2022).

Penulis: Sigit Nugroho | Editor: Sigit Nugroho
pssi.org
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, melepas bek PSIS Semarang, Pratama Arhan, berangkat menuju Tokyo, Jepang, untuk berkarier di klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy, Jumat (4/3/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pratama Arhan akan berangkat menuju Tokyo, Jepang, untuk berkarier di klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy, Jumat (4/3/2022).

Keberangkatan Arhan turut dilepas oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, anggota Komite Eksekutif A.S Sukawijaya, Wakabayashi Direktur Informasi dan Kebudayaan, perwakilan dari Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, dan Isomura selaku Atase Olahraga Kedubes Jepang untuk Indonesia.

Dalam sambutannya, Iriawan berterima kasih kepada PSIS Semarang yang sudah konsentrasi di pembinaan usia muda.

Sebab, sebelum pindah ke Tokyo Verdy, Arhan membela PSIS.

"Baik di Elite Pro Academy dan lainnya. Saya juga bangga, karena satu lagi pemain Indonesia dipanggil untuk bermain di luar negeri, di Jepang. Ternyata pemain kita bisa bermain di luar negeri. Di Eropa, Korea, dan Jepang,” kata Iriawan dikutip dari pssi.org.

Baca juga: Rekrut Pratama Arhan, Tokyo Verdy Kini Jadi Klub di Jepang dengan Follower Instagram Terbanyak

Baca juga: Pratama Arhan Gabung Klub Tokyo Verdy, Menpora: Ini Bagus Buat Timnas Indonesia

Baca juga: Duta Besar Portugal Maria Joao Lopes-Cardoso Sebut Benfica & Porto Tertarik Bekerja Sama dengan PSSI

“Kami di PSSI akan terus konsentrasi di pembinaan usia muda. Itu juga keinginan kami, agar sebanyak mungkin pemain kita bisa bermain di luar negeri. Saya bangga dengan Arhan. Kamu bisa bermain di Tokyo," ujar Iriawan.

Iriawan berharap, Arhan bisa main maksimal.

"Selain itu, juga harus jaga kesehatan dan bisa langsung beradaptasi dengan kultur, iklim dan budaya di Jepang. Mudah-mudahan, Verdy bisa naik kasta ke Liga 1 atau J1. Saya juga berharap, Arhan bisa menyerap ilmu sepak bola di Jepang," jelas Iriawan.

Pria yang akrab dipanggil Iwan Bule itu juga menjelaskan dahulu ada pemain Indonesia yang merumput di Jepang.

BERITA VIDEO: Rencana Angelina Sondakh Setelah Bebas Usai Dipenjara 10 Tahun

"Untuk diketahui, dahulu ada juga pemain sepak bola Indonesia yang pernah bermain di Liga Jepang. Alm Ricky Yakobi, dia bermain untuk Matsuhita Elekctric FC (kini namanya Gamba Osaka)," terang Iriawan.

"Tetapi kiprah Ricky, hanya berlangsung 6 bulan, karena kesulitan beradaptasi dengan iklim di sana. Jepang kalau musim dingin, pasti pemain kita akan kesulitan. Itu sebabnya Arhan harus cepat beradaptasi jika ingin berhasil di sana,” tegas Iriawan.

"Saya meyakini akan ada pemain Indonesia berikutnya bermain di Jepang atau luar negeri lainnya. Saya bangga dan saya dorong bahwa nantinya semakin banyak pemain Indonesia yang bermain di luar negeri. Kita lihat saja nanti, siapa pemain lain yang akan bermain di luar negeri," tutur Iriawan.

Sementara itu, AS Sukawijaya bahagia dengan gabungnya Arhan ke Verdy.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved