Anggota DPRD Banten Ajak Masyarakat Gunakan BBM Oktan Tinggi, Tingkatkan Kualitas Udara di Banten

Anggota DPRD Komisi III Banten Fraksi PKB Efu Saefullah S.Kom.MSi ajak warga Banten gunakan BBM oktan tinggi untuk tingkatkan kualitas udara Banten.

istimewa
Anggota DPRD Komisi III Banten Fraksi PKB Efu Saefullah S.Kom.MSi mengajak warga Banten menggunakan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas atau oktan tinggi sebagai upaya meningkatkan kualitas udara di Banten. 

WARTAKOTALIVE.COM, BANTEN - Anggota DPRD Komisi III Banten Fraksi PKB Efu Saefullah S.Kom.MSi mengajak warga Banten menggunakan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas atau oktan tinggi sebagai upaya meningkatkan kualitas udara di Banten sekaligus mengajak masyarakat dari golongan mampu untuk menggunakan BBM jenis Pertamax series dan Dex series.

Menurut Efu, karena secara tidak langsung turut membantu masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi lebih rendah, termasuk di berbagai pelosok.

"Dengan membeli BBM berkualitas yang harganya lebih tinggi, sebenarnya kita sudah juga membantu masyarakat pengguna BBM di bawahnya,” ungkapnya.

Efu menambahkan, kualitas udara Banten harus selalu ditingkatkan, salah satunya, melalui penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan, sebab, salah satu sumber polusi adalah kendaraan bermotor.

“Tidak hanya lebih ramah lingkungan, penggunaan BBM berkualitas juga dapat mengurangi biaya pemeliharaan kendaraaan,” ujarnya.

Pemilihan BBM dengan kadar oktan 92 ke atas, menurut Efu, adalah suatu keharusan sebagai pengguna kendaraan bermotor. Pada saat membeli kendaraan keluaran baru, misalnya, apalagi yang tergolong mobil bagus, seharusnya konsumen sudah memproyeksikan agar kendaraan tersebut diisi dengan BBM yang juga berkualitas.

"Ketika kita mampu membeli motor atau mobil, seharusnya kita juga mampu membeli bahan bakar terbaik, meski dengan harga yang relatif lebih tinggi," katanya.

Selain untuk menyesuaikan dengan spesifikasi mesin, Efu juga menyatakan penggunaan BBM Jenis Perta series juga sebagai bentuk sumbangsih yang luar biasa kepada mereka yang membutuhkan.

"Jadi untuk BBM yang memiliki RON lebih rendah, biarlah dipakai mereka yang membutuhkan. Sedangkan bagi yang lebih mampu, belilah yang lebih mahal," ujar pria kelahiran Lebak ini.

Selain memberikan performa prima kepada kendaraannya, lanjut Efu, BBM RON tinggi juga berdampak positif kepada lingkungan, sehingga pihaknya setuju terhadap kebijakan Pertamina terkait penyesuaian harga BBM berkualitas.

Selain itu, tambahnya, pengguna sebaiknya tidak hanya melihat harga, tetapi juga manfaat yang memang sangat baik untuk mendukung kinerja mesin agar menjadi lebih awet.

Dia menambahkan, udara bersih sangat berpengaruh terhadap kesehatan warga Banten. Semakin bersih udara, tentu kualitas kesehatan akan semakin terjaga.

Begitu pula sebaliknya, jika kualitas udara buruk, tentu berdampak kurang baik terhadap kesehatan warga.

"Jadi kedepannya akan lebih baik semua menggunakan BBM yang bersih, agar kita bersama-sama menghirup udara berkualitas," pungkas Efu. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved