Agar Terhindar Dari Kerusakan Saat Digunakan, Ini Daftar Komponen Motor yang Wajib Diperiksa

Menurut Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi, berikut daftar komponen motor yang perlu diperiksa pengendara motor.

dok. PT Suzuki Indomobil Sales
Servis sepeda motor di bengkel resmi Suzuki. 

WARTAKOTALIVE.COM - Motor menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk menunjang aktvitas sehari-hari. Agar dapat terus diandalkan, kondisi sepeda motor harus selalu diperiksa agar kinerjanya optimal serta terhindar dari kerusakan ketika digunakan.

Secara garis besar, jenis sepeda motor apapun memiliki pemeriksaan yang kurang lebih sama. Maka dari itu, pengendara harus mengetahui beberapa sistem di sepeda motor yang tidak boleh luput dalam pemeriksaan.

Menurut Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi, selain wajib melakukan pemeriksaan rutin kendaraan di bengkel resmi, pengendara sepeda motor juga dapat melakukan beberapa hal secara mandiri, misalnya pemeriksaan seperti berikut:

1.  Sistem Penerangan

Pemeriksaan dapat dilakukan dari hal yang paling mudah yaitu kondisi penerangan seperti lampu depan, lampu sein, dan lampu pengereman, apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

“Apabila salah satu dari lampu tersebut tidak berfungsi dengan baik atau mati, pengendara dapat mengganti dengan lampu yang baru di bengkel terdekat,” ujar Hariadi dalam keterangan resmi, Jumat (4/3/2022).

2.  Sistem Pengereman

Rem merupakan salah satu komponen paling penting untuk diperiksa sebelum berkendara. Lakukanlah pemeriksaan kondisi rem, seperti kanvas rem, minyak rem, dan kaliper.

Saat sepeda motor melaju di jalanan yang licin, pastikan menggunakan rem secara perlahan agar terhindar dari kemungkinan terpeleset. Apabila kanvas rem sudah tipis atau aus, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

3.  Sistem Kemudi

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved