Liga 1

PT LIB Lapor ke PSSI Terkait tak Hadirnya Persipura saat Menghadapi Madura United Tanpa Izin

Persipura Jayapura tak hadir di lapangan saat laga tunda melawan Madura United, Senin (21/2/2022).

Penulis: Abdul Majid | Editor: Valentino Verry
Dok.LIB
Ilustrasi - Skuad Persipura Jayapura saat bertanding, pada laga tunda melawan Madura United, Seninn (21/2/2022), justru tak hadir di lapangan tanpa alasan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Persipura Jayapura dijadwalkan menghadapi Madura United pada laga pekan ke-26 Liga 1 yang bergulir di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (21/2/2022) pukul 20.30 WIB.

Pemain Madura United yang mengenakan kostum berwarna merah muda terlihat sudah bersiap di lapangan dan foto bersama.

Sementara itu, skuad Persipura Jayapura justru tak hadir di Lapangan.

Baca juga: Arifin Sedih, Imbas Banjir Usaha Budidaya Ikan Miliknya Hancur Total

Wasit pun coba menunggu beberapa saat, akan tetapi skuad tim berjuluk Mutiara Hitam itu tak juga muncul di lapangan.

Tak berselang lama para pemain Madura United pun kembali ke ruang ganti.

Belum diketahui jelas apa penyebabnya Persipura tak hadir di lapangan.

Tribunnews pun coba mengonfirmasi hal ini kepada Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, namun belum mendapatkan jawaban.

Seperti diketahui, Persipura Jayapura hingga pekan ke-26 ini berada di peringkat ke-16 dengan torehan 22 poin.

Sementara Madura United yang baru menjalani 24 laga berada di peringkat ke-12 dengan mengoleksi 29 poin.

Baca juga: Adryan Jacko Bawakan Dua Lagu Soundtrack Film Drama Serial Berjudul Menyerah

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno mengatakan bahwa Persipura seharusnya bisa tetap tampil meskipun ada sembilan pemainnya yang dinyatakan positif Covid-19.

Seperti diketahui, Persipura sebelumnya menuliskan surat permohonan pertandingan BRI Liga 1 Persipura vs Madura United yang bernomor 004/Persipura/II/2022. Surat tersebut tertanggal 20 Februari 2022.

Isi surat itu menjelaskan bahwa mereka tidak bisa bertanding usai menyebutkan hasil tes PCR yang dilakukan pada 20 Februari 2022 menunjukkan sembilan personel tim dinyatakan positif. Terdiri dari 3 ofisial dan 6 pemain

Pada surat tersebut juga menyebutkan, “maka kami berkoordinasi dengan LIB untuk dilakukan Tes pembanding pada Senin, 21 Februari 2022, apabila hasil tes pembanding masih ada beberapa pemain dengan status Positif Covid-19, maka Tim Persipura Jayapura TIDAK DAPAT BERTANDING dikarenakan (1) jumlah pemain akan sangat banyak yang berhalangan untuk dimainkan (2) menghilangkan azas fairness.”

Baca juga: Perekonomian Membaik, Produsen Cat Optimis Penjualan dan Laba Bersih Tumbuh Dua Digit

PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Satgas Covid-19 di BRI Liga 1 2021/2022 pun melakukan tes ulang. Hasilnya, sesuai dengan surat yang dikirimkan LIB dengan nomor 100/LIB-KOM/II/2022 menyebutkan bahwa hasil negatif: 21 pemain dan 7 ofisial. Sedangkan hasil positif : 6 pemain, 3 ofisial.

Dengan begitu, dalam surat yang dikirimkan LIB ke manajemen Persipura pada 21 Februari 2022 tersebut dijelaskan bahwa didapati pemain yang negatif berjumlah lebih dari 14 orang sehingga tidak memenuhi unsur Pasal 52 ayat 7 Regulasi BRI Liga 1 - 2021/2022 dan tidak perlu diadakan emergency meeting.

“Tidak ada kejadian luar biasa terkait covid. Ini kasusnya seperti pertandingan Persikabo 1973 versus Bali United, beberapa pekan yang lalu. Pertandingan tetap dilanjutkan,” tegas jelas Direktur Operasional LIB, Sudjarno, Senin malam (21/2). “Dari kami pun juga sudah siap semuanya. LOC, wasit, keamanan, sudah berada di stadion. Tim Madura United juga sudah datang di stadion,” kata Sudjarno dalam keterangan resminya, Senin (21/2/2022.

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menegaskan, terkait status pertandingan yang batal digelar tersebut, semua harus dikembalikan pada regulasi yang sudah dibuat. “Kami akan mengkonsultasikannya hal ini dengan PSSI terlebih dulu,” tegas Akhmad Hadian Lukita.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved