Berita Tangerang

Dinkes Kota Tangerang Klaim Kasus Covid-19 Menurun Sejak Sepekan Terakhir 

Penurunan kasus harian Covid-19 tersebut, juga diiringi dengan penurunan Bed Cccupancy Rate (BOR) pada Rumah Sakit

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota/ Gilbert Sem Sandro
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang mengklaim kasus harian Covid-19 di Kota Tangerang yang sebelumnya melesat, kini mulai menurun.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Dini Anggraeni mengatakan, menurunnya kasus Covid-19 tersebut terlihat sejak pekan lalu, Sabtu (12/2/2022).

"Kalau dilihat dari data tujuh hari terakhir memang cenderung turun, tertinggi (12/2) dengan 2.253 kasus, turun pada (16/2) dengan 2.178 kasus, turun lagi (17/2) dengan 1.972 kasus, turun lagi (18/2) dengan 1.557 kasus, dan turun lagi pada (19/2) dengan 1.313 kasus dan terbaru (20/2) kemarin, turun hingga dibawah seribu kasus hanya 903 kasus," ujar dr. Dini Anggraeni dalam keterangan resminya, Senin (21/2/2022).

Baca juga: Pengendara Kesal, Menilai Pemkot Tangerang tak Paham Kondisi Jalan Alternatif di Jalan Daan Mogot

Sebelumnya, lonjakan kasus covid-19 di Kota Tangerang terjadi mulai pekan terakhir di bulan Januari dan fluktuatif meningkat, mulai angka 1.500 hingga 2.000 kasus lebih per hari, dan penambahan kasus tertinggi terjadi pada Sabtu (12/2) dengan 2.253 kasus dalam satu hari.

"Penurunan ini adalah awal yang baik, karena sama-sama kita ketahui, awal tahun kasus harian covid-19 di Kota Tangerang sangat sedikit, hanya satu digit, paling tertinggi hanya tujuh kasus," kata dia.

Dini menerangkan, penurunan kasus harian Covid-19 tersebut, juga diiringi dengan penurunan Bed Cccupancy Rate (BOR) pada Rumah Sakit (RS) maupun Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT). 

Saat ini, BOR RS diangka 51,85 Persen, pekan lalu diangka 55 persen. Sedangkan BOR RIT sudah turun diangka 19,30 persen dimana sebelumnya di angka 40,48 persen. 

"Tidak boleh gegabah, tidak boleh euforia berlebihan, selalu jaga protokol kesehatan, ikuti vaksinasi covid-19, semoga angka kasus harian terus menurun," tuturnya.

Menurutnya, menurunya kasus Covid-19 di Kota Tangerang saat ini, sejalan dengan angka positifity rate yang juga terus semakin menurun.

Baca juga: Dampak Jalan Daan Mogot Tangerang Satu Arah, Senin Pagi Kondisi Macet Parah

"Kalau belajar dari puncak kasus penularan pada sebelum-sebelumnya, kalau positif ratenya turun, jumlah kasusnya juga turun. Wilayah tetangga seperti DKI juga sudah terjadi penurunan, semoga tren penurunan kasus ini terus konsisten turun," terangnya.

Kendati demikian, Dini juga mengingatkan agar masyarakat tetap dapat menjaga protokol kesehatan secara ketat dalam setiap beraktivitas dan juga menjalani Vaksinasi Covid-19.

Selain itu, ia pun mengimbau kepada masyarakat agar segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas di tempat tinggal, apabila memiliki gejala Covid-19.

Hal tersebut dilakukan, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 agar semakin membaik.

"Jika masyarakat Kota Tangerang merasa ada gejala-gejala covid-19, untuk segera memeriksakan dirinya ke Puskesmas terdekat, untuk segara mengikuti swab antigen atau PCR secara gratis," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Tangerang Libatkan Swasta Atasi Banjir Kampung Gaga 2 Bulan Belum Surut

"semoga ini menjadi tanda puncak penularan yang sudah berlalu

Semoga tren penurunan kasus harian ini terus konsisten dan menandakan puncak penularan terus turun, agar semua masyarakat Kota Tangerang dapat tetap sehat," pungkas dr. Dini Anggraeni. (M28)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved