Golkar DKI Usul Syarat Pj Gubernur DKI Jakarta untuk Gantikan Anies Baswedan, Ditetapkan 2022

Golkar ajukan sejumlah persyaratan terkait penetapan PJ Gubernur DKI Jakarta untuk gantikan Anies Baswedan.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Suprapto
Wartakotalive.com/Fitriyandi Al Fajri
Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar (tengah) didampingi Ketua Harian DPD Golkar DKI Jakarta Judistira Hermawan (kiri) dan Sekretaris DPD Golkar DKI Jakarta Basri Baco (kanan) di kantornya kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/2/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar menyebut, idealnya sosok Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta memiliki pengalaman di dunia birokrasi.

Hal itu dikatakan Zaki Iskandar dalam menanggapi sosok pegawai negeri sipil (PNS) eselon I yang bakal ditunjuk pemerintah pusat sebagai penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pada 17 Oktober 2022.

“Dia harus memiliki pengalaman di dunia birokrasi, terutama di pemerintahan daerah,” ujar Zaki Iskandar kepada Warta Kota, Rabu (16/2/2022).

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Ahmad Riza Patria akan mengakhiri masa bakti mereka di Jakarta pada 16 Oktober 2022.

Sesuai ketentuan, untuk mengisi kekosongan gubernur akan ada penjabat gubernur yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo atas usulan Menteri Dalam Negeri.

Baca juga: DPD Golkar DKI Usul Provinsi Jakarta Miliki Otonomi Daerah Tingkat 2

Penjabat Gubernur Jakarta adalah pejabat karier yang memiliki kedudukan eselon satu atau setara eselon satu. 

Zaki mengatakan, sosok Pj Gubernur juga harus memahami dinamika yang ada di Provinsi Jakarta. Mulai dari persoalan yang kerap dihadapi masyarakat hingga menjaga hubungan yang baik dengan DPRD DKI Jakarta.

Dia meyakini Presiden RI Joko Widodo melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan menunjuk individu yang memenuhi kriteria tersebut.

Harapannya, transisi pemerintahan daerah kepada kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih berikutnya bisa berjalan baik dan lancar.

“Pj Gubernur ini adalah sosok yang paham mengenai kondisi Provinsi Jakarta. Kemudian paham juga mengenai tahap birokrasi dan pemerintahan daerah yang ada di Jakarta,” kata Zaki.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved