Jangan Sepelekan, Ini Pentingnya Pemeriksaan Wheel Alignment Pada Kendaraan

Salah satu masalah di kaki-kaki kendaraan yang sebaiknya dihindari adalah roda yang tidak selaras dan dapat mempengaruhi suspensi dan kondisi ban.

istimewa
Teknisi Suzuki sedang melakukan pemeriksaan wheel alignment kendaraan di bengkel resmi Suzuki. 

WARTAKOTALIVE.COM - Selain mesin, bagian kaki-kaki pada kendaraan juga sangat penting untuk diperhatikan. Memberikan perhatian terhadap bagian kaki-kaki kendaraan dapat memberikan ketenangan dalam bertransportasi serta mendeteksi masalah yang muncul lebih dini.

Salah satu masalah di kaki-kaki kendaraan yang sebaiknya dihindari adalah roda yang tidak selaras dan dapat mempengaruhi suspensi dan kondisi ban.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengimbau konsumen melakukan pemeriksaan dan pengaturan wheel alignment secara berkala, untuk memastikan kondisi roda sudah selaras dan  seimbang antara Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination.

Menurut Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi mengatakan, wheel alignment berfungsi memastikan stabilitas suspensi kendaraan agar bekerja dengan baik dan membuat usia roda lebih awet.

Teknisi Suzuki sedang melakukan pemeriksaan wheel alignment kendaraan di bengkel resmi Suzuki.
Teknisi Suzuki sedang melakukan pemeriksaan wheel alignment kendaraan di bengkel resmi Suzuki. (istimewa)

“Saat melakukan pemeriksaan wheel alignment, yang perlu diperhatikan adalah Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination untuk memastikan bahwa sudut ban dapat terpasang dengan baik karena hal tersebut dapat mempengaruhi cara ban bersentuhan dengan jalan,” ujar Hariadi dalam keterangan resmi, Jumat (11/2/2022).

Lalu apa yang dimaksud dengan Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination? berikut pengertiannya.

1. Camber

Camber adalah tingkat kemiringan roda pada bagian atas apabila dilihat dari sudut vertikal. Pemeriksaan ini untuk memastikan sudut ban tidak miring ke dalam atau ke luar. Apabila camber tidak sejajar atau selaras, mungkin dipengaruhi kerusakan pada bantalan yang aus, suspensi roda, atau sambungan joint.

Camber memiliki dua jenis sudut, yaitu positif dan negatif. Untuk positif, bagian atas memiliki kemiringan ke arah luar. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan ban bagian bawah yang tertekan ke luar saat dibebani dan beban pada steering berkurang.

Sedangkan negatif, bagian atas memiliki kemiringan ke arah dalam yang berfungsi untuk mengupayakan kendaraan stabil dan juga lurus.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved