Mampu Bertahan Hingga 5.000 KM, X-TEN Buktikan sebagai Oli Tahan Lama

Membidik market di kawasan Jabodetabek, PT Surganya Motor Indonesia kini berinovasi untuk menjadikan oli X-TEN produksinya sebagai oli tahan lama.

Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
PT Surganya Motor Indonesia berinovasi untuk menjadikan oli X-TEN produksinya sebagai oli tahan lama dengan memakai ester sebagai bahan dasar. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Salah satu bentuk perawatan motor yang paling penting adalah pergantian oli. Tapi tak boleh asal ganti oli, pengguna motor harian pun juga harus tahu cara menentukan kualitas oli agar mesin motor tahan lama dan performanya tetap terjaga. 

Membidik market di kawasan Jabodetabek, PT Surganya Motor Indonesia kini berinovasi untuk menjadikan oli X-TEN produksinya sebagai oli tahan lama. Caranya dengan memakai ester sebagai bahan dasar.

Dalam waktu dekat, tim yang dibentuk khusus berencana melakukan tour Jakarta—Mandalika untuk menguji daya tahan oli X-Ten.

Selain melakukan touring, menjelang penyelenggaraan MotoGP, produsen oli ini juga akan meluncurkan produk di sana.

Kadiv Product and Service Development PT Surganya Motor Indonesia, Wisnu Satriya mengatakan oli X-TEN dengan kandungan ester akan mencegah komponen mesin motor dan mobil dari kerusakan sehingga usia pakai komponen di mesin lebih lama.

Baca juga: Gandeng Joni Tata dan Komunitas, Repsol Rilis Produk Terbaru Sambil Touring dari Yogyakarta ke Bromo

“Kandungan ester yang terdapat pada oli X-TEN akan membersihkan sisa karbon yang menempel pada mesin. Karena oli X-TEN mampu mengikis habis sisa-sisa karbon tersebut dan efeknya tentu membuat tarikan mesin motor akan enteng kembali,” ungkap Wisnu Satriya dalam pernyataan resminya, Kamis (10/2/2022).

Bahkan oli X-TEN juga berfungsi membentuk lapisan pelindung pada mesin. Menurut Wisnu Satriya, ester memiliki banyak sekali kelebihan dibanding bahan baku oli mineral atau full sintetik lain.

“Ester membuat mesin lebih tahan panas membentuk lapisan pelindung mesin yang membuat mesin tahan lama dan berpengaruh terhadap kehematan bahan bakar,” ujar Wisnu dalam keterangannya.

Wisnu menjelaskan, dengan formula ester di dalam olinya setelah diuji coba di laboratorium independen terkemuka, oli X-TEN untuk motor bisa digunakan sampai 5.000 km, sedangkan untuk mobil bisa mencapai 15.000 km tanpa mengurangi kualitas oli tersebut.

Baca juga: Komunitas Pecinta Otomotif (Kopi) Gelar Touring Santai dan Tebar Kebaikan bagi Santri

“Sudah diuji dan mendapat sertifikasi. Daya tahannya bisa 5.000 dan 15.000 KM, berdasarkan pengujian endurance,” katanya.

Wisnu menjamin bahwa oli produksi PT Surganya Motor Indonesia ini aman digunakan dan mutunya juga sudah mendapatkan sertifikasi dari SNI dan JASO. “Kami sudah memiliki sertifikat SNI dan JASO, sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi,” cetusnya.

Bahkan untuk pengguna motor big matic, X-TEN juga berinovasi dengan mengeluarkan oli X-TEN khusus untuk motor matic 150 cc, yakni X-TEN Double Ester Matic.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved