Menteri LHK Siti Nurbaya Tekankan Percepatan Pembangunan Persemaian di Ibu Kota Negara

Pusat Persemaian IKN dibangun di atas lahan seluas 120 Hektare (Ha) dan diprediksi dapat memproduksi bibit tanaman hingga sebanyak 15 juta bibit/tahun

Editor: Lucky Oktaviano
Dok. Humas KLHK
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya (tengah, bertopi) mengunjungi Pusat Persemaian di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (30/1/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengunjungi Pusat Persemaian di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (30/1/2022).

Kunjungan kali ini dimaksudkan Menteri Siti untuk melihat perkembangan Pusat Persemaian serta mempercepat pembangunannya.

Pusat Persemaian IKN dibangun di atas lahan seluas 120 Hektare (Ha) dan diprediksi dapat memproduksi bibit tanaman hingga sebanyak 15 juta bibit pertahun.

Pembangunan Pusat Persemaian ini menunjukkan semangat perbaikan kualitas lingkungan melalui rehabilitasi hutan dan lahan (RHL).

Baca juga: Menteri LHK Sebut Insan Pers Bagian Penting dalam Upaya Percepatan Rehabilitasi Mangrove Indonesia

Terdapat pusat persemaian dengan skala besar di Indonesia yang telah dan akan dibangun di beberapa wilayah.

Persemaian Rumpin, Bogor, Jawa Barat seluas 129 Ha telah selesai pembangunannya.

Kemudian yang sedang dalam pembangunan adalah pusat persemaian di IKN, Kalimantan Timur (120 Ha), di sekitar kawasan pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara (37,25 Ha), Labuan Bajo, NTT (30 Ha), Mandalika, NTB (32,25 Ha), dan Likupang, Sulawesi Utara (30,33 Ha).

Selain meninjau perkembangan pembangunan Persemaian di IKN, Menteri Siti juga meninjau pondok kerja KLHK di sekitar IKN.

Pondok kerja tersebut difungsikan antara lain untuk posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla), posko Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan, serta posko Patroli Penegakan Hukum LHK (law enforcement).

Baca juga: Menteri LHK Siti Nurbaya Sebut Tugas Keseharian Jajaran KLHK Punya Relevansi Kuat dalam Bela Negara

Menurut Menteri Siti sangat penting untuk melindungi wilayah dan kawasan hutan di sekitar IKN dari potensi kerusakan lingkungan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved