Kasus Covid19

Kepala Dinas Kesehatan DKI Ungkap Kasus Covid-19 di Jakarta Didominasi Transmisi Lokal

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyatakan kasus Covod-19 melonjak akibat transmisi lokal.

YouTube Dinas Kesehatan DKI Jakarta
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan transmisi lokal menjadi penyebab penyebaran virus Covid-19 di ibu kota. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti menyebut bahwa kasus aktif Covid-19 yang tengah mengalami peningkatan di Ibu Kota didominasi oleh transmisi lokal.

Anak buah Anies Baswedan ini juga menuturkan bahwa pada mulanya kasus Covid-19 di DKI Jakarta mayoritas dari para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), tetapi lambat laun rasionya berbalik menjadi didominasi oleh tranmisi lokal.

Baca juga: Jelang Penuhi Panggilan Bareskrim Polri, Edy Mulyadi Mandi Lebih dari 30 Menit

"Memang sudah terjadi pergeseran yang awalnya rasio pelaku PPLN dan yang memang lokal itu awalnya kan tingginya di PPLN-nya. Saat ini sudah rasionya terbalik jadi sudah semakin banyak adalah (transmisi) lokal," jelas Widyastuti kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (27/1/2022) malam.

Namun, Widyastuti juga mengungkapkan bahwa peningkatan kasus di Ibu Kota belakangan ini belum bisa dipastikan dampak dari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Baca juga: Munjirin Sebut Vaksin Booster di Jakarta Selatan Sudah Diterima 115.942 Orang

Lantaran, hingga saat ini pihaknya masih menelusuri terkait hal tersebut.

"Ya, belum bisa dipastikan apakah itu efek apa, tentu perlu pendalaman," tambah dia.

Kendati demikian, meski varian Omicron tidak lebih ganas daripada varian Delta. Namun, dirinya tetap mengimbau masyarakat DKI khususnya agar tidak abai terhadap protokol kesehatan.

"Bagi masyarakat kami imbau tetep jangan lengah, pandemi belum selesai meskipun Omicron relatif tidak lebih berat jika dibandingkan varian Delta tapi tetap pastikan kalau kita sudah terlindungi dengan satu vaksinasi, yang kedua pastikan prokesnya tetap terjaga, tetap memakai masker, jaga jarak aman, dan seterusnya," tutupnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved