Kripto

Perkuat Posisi di Pasar Crypto, FTX Siapkan Dana 2 Miliar Dollar AS untuk Investasi Project Web3

Wu mengatakan bahwa dana tersebut akan membuat hasil strategis dan terkonsentrasi ke perusahaan di pasar crypto.

Editor: Feryanto Hadi
Istimewa
ILUSTRASI Mata uang kripto alias cryptocurrency, yakni Bitcoin 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- FTX Sam Bankman-Fried telah meluncurkan unit modal ventura baru untuk menambahkan uang miliaran dolar ke pasar swasta dalam investasi crypto.

FTX telah menyisihkan 2 miliar dollar Amerika untuk dana ventura. Ia juga mempekerjakan Amy Wu, mantan mitra di perusahaan modal ventura Lightspeed senilai $10 miliar, untuk memimpin unit bisnis dan dana baru.

Melalui FTX Ventures bursa ini bertujuan untuk memajukan adopsi blockchain dan web3 global, dengan investasi yang luas di bidang sosial, game, fintech, perangkat lunak, dan perawatan kesehatan.

Dalam sebuah wawancara dengan The Block, Wu mengatakan bahwa dana tersebut akan membuat hasil strategis dan terkonsentrasi ke perusahaan di pasar crypto.

Baca juga: Indodax Raih Penghargaan Dunia Fintech Awards Sebagai Startup Aset Kripto Terbaik

Baca juga: Platform Blockchain Mainnet Bholdus Resmi Diluncurkan, Akan Fokus Danai UMKM di Asia Tenggara

"Itu belum tentu terkait dengan strategi FTX, tujuannya lebih untuk mempercepat adopsi teknologi blockchain,” kata WU melalui pesan tertulisnya, Rabu (26/1/2022)

Selain FTX Ventures, Wu juga akan memimpin bisnis game FTX. Bermain game adalah fokus besar bagi Wu di Lightspeed.

Selain dana investasi bersama yang disebutkan di atas, Lightspeed juga berinvestasi di antara lain, pembuat Fortnite, Epic Games dan pengembang Slipgate, 1047 Games.

Wu melihat banyak potensi di depan untuk video game berbahan bakar kripto dan bertenaga NFT. Menyusul ledakan ledakan tahun lalu dari game pertarungan monster berbasis Ethereum, Axie Infinity, dia men-tweet di utas viral bahwa “setiap penerbit game besar sedang menjelajahi blockchain.”

Baca juga: Harga Aset Kripto Alami Penurunan Hingga 20 Persen, Ini Momentum untuk Beli  

Baca juga: Manfaatkan Teknologi Blockchain, SPAY Global Dukung Transaksi Mobile Lintas Negara

Alami Pertumbuhan Cepat Dalam Tiga Tahun

Dalam waktu kurang dari tiga tahun, FTX dengan cepat menjadi salah satu perusahaan paling berharga dan paling terkenal di dunia kripto.

Wu pun percaya jika bursa ini masih akan memiliki potensi di masa depan.

“FTX masih merupakan pemain yang berkembang di industri kripto yang ada, dan kripto itu sendiri masih baru lahir. Ini hanya sebagian kecil dari industri jasa keuangan global. Masih banyak ruang bagi FTX untuk tumbuh. Jadi saya tidak ragu bahwa perusahaan akan melanjutkan lintasannya sangat bullish ke arah itu,” kata Wu.

Langkah FTX untuk membuka perusahaan ventura ini bukan hal aneh, sebab bursa lain seperti Coinbase membentuk operasi venturanya sendiri pada tahun 2018 dan telah berinvestasi di ratusan startup kripto tahap awal.

Baca juga: Kolaborasi Tokocrypto dan BRI Ventures Luncurkan Blockchain Akselerator

Penyedia infrastruktur NFT Alchemy meluncurkan perusahaan venturanya pada akhir tahun lalu.
Seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh The Block, 2021 adalah waktu di mana investasi ventura di ruang crypto meningkat.

Lebih dari 1.700 kesepakatan modal ventura yang berfokus pada ruang crypto terjadi pada tahun 2021, menjaring startup, proyek, dan protokol ini sekitar $25,1 miliar dalam pembiayaan. Beberapa perusahaan ventura termasuk Paradigm dan a16z meluncurkan dana ventura multi-miliar baru tahun lalu.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved