Berita Nasional

Alpha JWC Ventures Buka Suara, Bongkar Alasan Suntik Rp71 Miliar untuk Bisnis Es Doger Milik Gibran

Sebelumnya, Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun melaporkan Gibran dan Kaesang ke KPK atas dugaan korupsi

Editor: Feryanto Hadi
Kompas.com
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, ketika meresmikan gerai Goola di Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat (5/7/2019).(KOMPAS.com/Nabilla Tashandra) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Bisnis anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep menjadi sorotan luas menyusul pelaporan  dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun ke KPK atas tuduhan KKN.

Gibran dan Kaesang dituding memiliki relasi bisnis yang erat dengan anak petinggi PT SM, induk dari PT PMH yang terlibat kasus pembakaran hutan di tahun 2015.

Anak petinggi PT SM berinisial AP diduga menyuntikkan dana penyertaan modal dari perusahaan Ventura sekitar Rp 99,3 miliar dalam waktu yang dekat.

Setelah pelaporan ini, ramai, bisnis-bisnis lain anak-anak Jokowi satu per satu disorot. 

Baca juga: Adukan Gibran-Kaesang ke KPK, Ubed Dalam Masalah Serius, Polisi Mulai Dalami Laporan Ketua Joman

Di antaranya, bisnis minuman Goola yang dirintis Gibran. 

Bisnis minuman ini mendapat suntikan modal Rp 71 miliar dari Alpha JWC Ventures.

Sorotan terhadap bisnis Gibran ini ditulis pakar information technology (IT) Sammy Notaslimboy dalan cuitan di Twitter.

"Bisnis ginian yang terhitung baru dapat suntikan dana 71M, sepertinya janggal dan orang-orang hanya males masalahin aja. Jadi kalau ada yg gerak laporin KPK, yg gk ujug-ujung juga. Kebanyakan orang, ya males repot," tulis Sammy di akun Twitternya @NOTASLIMBOY.

 Sorotan ini baru ramai, padahal investasi yang digelontorkan oleh Alpha JWC Ventures tersebut dilakukan pada Agustus 2019.

Goola didirikan pada tahun 2018 oleh Kevin Susanto, Benz Budiman, dan putra Presiden Indonesia Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Menanggapi hal ini, Co-founder & General Partner Alpha JWC Ventures Chandra Tjan mengatakan, investasi dan pendampingan dilakukan ke dalam perusahaan rintisan (start-up) di Indonesia dan Asia Tenggara, salah satunya seperi Goola, agar mendorong start-up di Tanah Air untuk berkembang pesat.

Baca juga: Ogah Minta Maaf, Arteria Dahlan Justru Singgung Sunda Empire, Persilakan Ridwan Kamil Lapor MKD

Apalagi kata dia, saat dilakukan investasi tersebut, Goola sudah memiliki produk dan beberapa cabang di Jakarta, termasuk di daerah Cikini, Jakarta Pusat; dan Setiabudi, Jakarta Selatan.

“Oleh sebab itu, setelah melakukan serangkaian penilaian dan perbandingan produk, angka penjualan, hingga proyeksi keuangan atau yang biasa disebut due diligence, Alpha JWC memutuskan berinvestasi di perusahaan tersebut secara bertahap berdasarkan pencapaian perusahaan,” ujar Chandra Tjan kepada Kompas.com, Selasa (18/1/2022).

Dengan investasi tersebut, Alpha JWC sudah memiliki saham minoritas di Goola dengan pemilik saham terbesar adalah para pendiri perusahaan, seperti Kevin Susanto, Benz Budiman, dan Gibran Rakabuming.

Chandra Tjan juga menilai, jumlah investasi tersebut masih dalam jumlah wajar.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved