Breaking News:

Viral Ghozali Jadi Miliarder, Perencana Keuangan Sebut NFT Bisa Dijadikan Investasi Jangka Panjang

Seorang pemuda bernama Ghozali menjadi miliarder berkat koleksi foto selfienya yang dijual dalam bentuk aset digital non-fungible token (NFT).

freepik.com
Ilustrasi aset digital non-fungible token (NFT) 

WARTAKOTALIVE.COM - Seorang pemuda bernama Ghozali menjadi miliarder berkat koleksi foto selfienya yang dijual dalam bentuk aset digital non-fungible token (NFT). Koleksi NFT yang berjudul 'Ghozali Everyday' ramai diburu para kolektor aset digital.

Saat ini koleksi NFT Ghozali tercatat ada 933 item foto selfie. Mulanya NFT ini hanya diberi harga 0,001 ETH atau sekitar Rp 45 ribu. Tapi kini, harga penjualan tertinggi dari salah satu NFT-nya yang berjudul Ghozali_Ghozalu #311 adalah 11 ETH atau sekitar Rp 47 miliar.

Lalu apa sebenarnya NFT tersebut? NFT merupakan sertifikasi kepemilikan dari aset digital berupa karya seperti foto, video, musik, gif, digital art, dan lainnya.

Perencana Keuangan Safir Senduk mengatakan, bahwa NFT sama seperti investasi barang koleksi. Hanya saja, yang membedakan adalah yang diperjualbelikan bukan aset digitalnya tapi sertifikat kepemilikan dari aset digital tersebut.

“Banyak masyarakat yang salah mengartikan bahwa fotonya yang dijual, bukan itu sebenarnya, melainkan sertifikat kepemilikan yang diperjual belikan secara digital,” ujar Safir saat dihubungi Wartakotalive.com, Sabtu (15/1/2022).

Terkait dengan kejadian Ghozali, Safir menilai bahwa suksesnya Ghozalie mendapatkan harga penjualan tertinggi dari koleksi NFT nya hingga miliaran rupiah, karena Ghozali konsisten membuat karya yang unik secara terus menerus.

“Ghozali ini adalah karyanya banyak banget dan dia bikin karyanya lucu-lucu ada lord Ghozalie lah dan macam-macam, dia bikinnya rutin,” ujar Safir.

Selain itu, koleksi NFT Ghozali yang banyak dan unik membuat koleksi NFT Ghozali diyakini oleh para investor akan semakin memiliki penawaran harga yang tinggi di masa depan.  

“Karena investor yang membeli NFT kepingin menjual NFT lagi dimasa yang akan datang dan biasanya investor itu akan lihat ini orang rajin nggak ngeluarin karya, kalau rajin dan konsisten ya akan makin banyak orang nyari, ywd deh gue beli gue percaya sama creator ini,” ungkapnya.

Safir menyebutkan ada dua posisi yang bisa diambil jika ingin bermain di aset digital NFT, yaitu creator dan investor. Jika mengambil posisi sebagai creator, maka diperlukan konsistensi dalam membuat koleksi NFT yang menarik agar karyanya dihargai mahal.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved